Diperkenalkan Dunia Wirausaha, Siswa SD Idea Baru Belajar Membuat Roti dengan Cheff

SLEMAN – Puluhan Siswa SD Idea Baru, Kalasan, Sleman, Yogyakarta belajar menjadi koki (cheff) di Manna Bakery, perusahaan pembuatan roti di kawasan Sambilegi, Maguwo Harjo, Depok, Sleman, Jumat (13/12/2019).

Sedikitnya 72 anak yang merupakan gabungan siswa kelas 1.A dan 1.B SD Idea Baru tersebut belajar membuat aneka macam kue, roti, donat, hingga burger.

Wali Kelas 1.A, Sobirin, S.Pd.I mengungkapkan, kegiatan belajar di luar kelas merupakan bagian dari program kelas inspiratif di SD Idea Baru. Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan kelas inspiratif adalah untuk mengenalkan dunia luar atau pelajaran yang tidak setiap hari diajarkan di kelas kepada anak-anak,

“Diharapkan anak-anak bisa belajar mandiri, bersosialisasi dengan masyarakat, kepada lingkungan terdekat, serta mengenal hal-hal yang tidak monoton. Ada pengetahuan baru yang diperoleh anak-anak, apalagi yang mengajari langsung adalah praktisi atau ahlinya,” katanya di sela-sela kegiatan.

Sobirin menjelaskan, tema dari kelas inspiratif beragam. Dalam kegiatan di Manna Bakery menurutnya juga bagaimana mengenalkan dunia wirausaha sejak dini. Ia berharap, anak-anak yang diajari langsung oleh ahlinya, bisa mempraktikkan di rumah dalam kehidupan sehari-hari,

“Setidaknya memasak merupakan kegiatan sehari-hari. Setelah diajari bagaimana cara membuat roti, mudah-mudahan bisa mempraktikkan, atau paling tidak bisa timbul keinginan untuk membantu orang tua memasak,” ujarnya.

Para siswa nampak antusias mengikuti kegiatan yang dipandu langsung oleh para cheff profesional Manna Bakery. Anak-anak dikenalkan proses dari bahan-bahan, ragam peralatan untuk memasaknya, serta cara pembuatan bermacam-macam jenis roti. 

Salah seorang siswa, Muadz Fadi Abdalla Ja’far mengaku senang mengikuti kegiatan di luar kelas dengan belajar membuat aneka roti di Manna Bakery,

“Seneng, jadi bisa bikin roti sendiri di sini, diajarin sama om cheff. Rotinya enak-enak, burgernya juga enak. Aku tadi buat sendiri lho,” ujarnya.

Sementara  itu, Public Relation (PR) Manna Bakery, Afnan Lutfi mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan SD Idea Baru di perusahaannya sangat positif. Ia berharap, dengan anak-anak dikenalkan berwirausaha sejak dini, diharapkan akan memunculkan pengusaha-pengusaha sukses di masa mendatang,

“Kita bisa mengedukasi kepada anak-anak dunia industri seperti apa. Kita tadi kenalkan alat dan bahan membuat roti, kemudian mengajarkan proses membuat roti yang baik, benar dan sehat yang bisa dikonsumsi untuk anak-anak setiap hari. Harapannya bisa menginspirasi anak-anak ke depannya untuk menjadi wirausaha yang bagus dan sukses” pungkasnya. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com