Cegah Virus Corona, Balai Kesehatan Lanal Yogyakarta Berikan Edukasi PHBS

YOGYAKARTA – Virus Corona yang mewabah di Negara China dan menjadi isu kesehatan dunia, juga diwaspadai oleh jajaran Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V. 

Sebagai upaya pencegahan visrus mematikan tersebut, Balai Kesehatan (BK) Lanal Yogyakarta memberikan edukasi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada segenap prajurit dan PNS seusai apel pagi, Kamis (30/01/20).

Kepala Balai Kesehatan (Ka. BK) Lanal Yogyakarta Lettu Laut (K/W) drg. Erlina Fauziyah mengatakan segenap prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta perlu mengetahui dan memahami informasi terkait kejadian belakangan ini terkait virus corona jenis baru yang mulanya teridentifikasi di Wuhan, China. Menurutnya, berdasarkan data terbaru pihak pemerintah China dan didukung data dari World Health Organization (WHO) kasus virus Corona yang telah dikonfirmasi di seluruh dunia telah menyebar ke beberapa negara dan menjangkit mencapai 6.057 orang,

“Sementara jumlah korban meninggal sampai dengan saat ini tercatat mencapai 132 orang, atas kejadian ini sudah tergolong wabah dan kita wajib mengetahui dan melaksanakan upaya untuk pencegahannya,” katanya dalam Pers Rilis Penerangan Lanal Yogyakarta yang diterima redaksi, Kamis (30/01/2020).

Adapun materi PHBS dalam upaya pencegahan virus Corona disampaikan oleh Penata TK. I  III/D dr. Tri Hastuti, dokter muda BK Lanal Yogyakarta, dengan menyampaikan terkait sejarah kemunculan virus Corona, cara dan media penularan, gejala terjangkit virus Corona dan upaya pencegahannya.

Disampaikan pemateri  bahwa penting untuk mengantisipasi segala bentuk penyebaran virus Corona karena hingga kini belum ada vaksin yang spesifik untuk mengobati virus Corona yang merupakan virus jenis baru, walaupun masih termasuk dalam keluarga besar virus sejenis seperti yang menyebabkan MERS-CoV dan SARS-CoV.

Prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta diharapkan mengambil tindakan pencegahan virus Corona sederhana untuk mengurangi paparan dan penularan virus melalui PHBS antara lain, dengan membiasakan diri rajin mencuci tangan dengan sabun, kenakan Masker menutup rapat area hidung dan mulut sehingga efek perlindungannya lebih baik, kesadaran diri untuk selalu menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk agar kuman penyakit apapun yang mungkin ada tidak mudah tersebar menjangkit orang lain, rajin berolah raga dan mengkonsumsi makanan bergizi, mengatur pola istirahat yang cukup serta bila tidak urgen untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke negara-negara dalam daftar suspeck virus Corona khususnya China.

“Jika merasa kesehatan tidak nyaman terutama demam atau batuk, segera berobat ke BK Lanal Yogyakarta atau layanan kesehatan terdekat,” pesan dr. Tri Hastuti.

Dalam kesempatan Materi PHBS juga diperagakan oleh personel BK Lanal Yogyakarta tentang prosedur pemakaian masker secara medis yang baik dan benar, hal ini meluruskan informasi pemakaian masker warna putih jika sehat dan warna hijau jika sakit dari media sosial yang telah beredar luas di masyarakat, bahwa hal tersebut adalah tidak benar.

Danlanal Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro seusai menerima laporan kegiatan menyampaikan apresiasinya kepada jajaran BK Lanal Yogyakarta atas kepedulian melaksanakan edukasi pemahaman virus Corona,

“Virus Corona memang saat ini menjadi keprihatinan dan perhatian dari semua pihak serta pentingnya upaya bersama dalam pencegahan termasuk oleh segenap prajurit, PNS dan keluarga besar Lanal Yogyakarta,” pungkasnya. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.