UKDW Tuan Rumah BfdW Alumni Conference 2020

YOGYAKARTA – Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menjadi tuan rumah acara Bröt für die Welt (BfdW) Alumni Conference 2020 yang diselenggarakan sejak tanggal 7 Februari hingga tanggal 11 Februari 2020.

Chairman BfdW Alumni Conference, Dr.-Ing. Ir. Paulus Bawole, MIP., mengatakan, BfdW atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Bread for the World adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) kepanjangan tangan pengembangan gereja-gereja Protestan di Jerman yang memberikan beasiswa bagi masyarakat yang ingin melanjutkan studinya pada jenjang S1, S2, dan S3 di Jerman,

“Jerman merupakan salah satu negara favorit bagi masyarakat Indonesia untuk melanjutkan studinya, bahkan ada banyak peneliti yang melakukan penelitian pascadoktoral di perguruan tinggi Jerman. Dari sekian banyak alumni universitas Jerman yang berasal dari Indonesia, terdapat kurang lebih 130 alumni yang mendapatkan beasiswa dari BfdW ini,” jelas Paulus Bawole dalam pers rilis yang diterima redaksi, Selasa (11/02/2020).

Ia menjelaskan, Hingga hari ini sekitar 4.000 beasiswa telah diberikan untuk kuliah program pascasarjana di Jerman, negara-negara Eropa lainnya, dan juga di negara-negara bagian selatan,

“Sebagian besar para sarjana kembali ke negara mereka setelah menyelesaikan studi  dan melanjutkan pekerjaan di organisasi mitra BfdW di seluruh dunia termasuk Indonesia. Dengan diselenggarakannya BfdW Alumni Conference ini diharapkan dapat memperkuat jejaring, mengakomodasi, serta meningkatkan kontribusi alumni ÖSW, EED, dan BfdW bagi kemajuan bangsa Indonesia di segala aspek,” terangnya.

Pertemuan alumni ÖSW, EED, dan BfdW di Yogyakarta dibagi menjadi beberapa kegiatan diantaranya konferensi, kunjungan lapangan, dan diskusi dengan lembaga mitra BfdW. Isi dari semua kegiatan termasuk tema konferensi merujuk pada motto tahunan BfdW yaitu “Hunger for Justice”. Di akhir progam, para alumni diharapkan dapat memperkuat kerja sama diantara alumni Indonesia dengan membentuk jaringan alumni Bread for the World Indonesia, sehingga dapat berkolaborasi dalam bidang penelitian maupun pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu Dra. Haryati Bawole Sutanto, M.Sc., BfdW Conference Coordinator, mengungkapkan Mengangkat tema Hunger for Justice konferensi ini menghadirkan narasumber dari Jerman dan Indonesia. Menurutya, para peserta BfdW Alumni Conference 2020 adalah alumni yang pernah mendapatkan dukungan pendidikan sebagai pengembangan kapasitas diri dan sekarang tersebar melayani di seluruh wilayah Indonesia.

“Beberapa diantaranya berasal dari berbagai daerah di Jawa dan di luar Jawa seperti Sumatera, Sulawesi, Halmahera, Bali, dan Nusa Tenggara Timur.  Para peserta yang hadir akan membagikan pengalaman dan perannya dalam program pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com