86 Nama Panwaslu Desa Terpilih Se Kabupaten Sleman Siap Dilantik

SLEMAN – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan atau Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sleman, hari ini, Kamis (12/02/2020) mengumumkan secara resmi nama calon anggota Panwaslu Desa terpilih untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020, setelah melalui beberapa tahapan seleksi.

Mereka yang lolos sebagai Panwaslu Desa telah diplenokan dan diputuskan secara bulat oleh ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sleman sejumlah 86 orang dari 244 orang yang mendaftarkan diri. Panwasludes terpilih terdiri dari personel lama (incumbent) dan personel baru dengan berbagai pengalaman, seperti pernah menjadi Panwaslu Desa di Pemilu 2019, Pengawas TPS, PPS, KPPS dan Pemantau Pemilu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, M. Abdul Karim Mustofa, mengatakan, proses rekrutmen Panwaslu Desa ini melalui dua tahapan seleksi yang obyektif dan transparan serta adanya masukan dan tanggapan masyarakat,

“Bawaslu Sleman melalui Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sleman telah menyeleksi semua pendaftar, dari 244 orang pendaftar yang lolos mengikuti seleksi administrasi dan wawancara sebanyak 239 orang,” kata Karim dalam per rilis yang diterima redaksi Kamis (12/03/2020).

Dia menambahkan, hasil dari dua kali seleksi, administrasi dan wawancara tersebut semua nilai diakumulasikan, ditambah dengan jejak rekam dan masukan masyarakat baik positif maupun negatif yang masuk ke Bawaslu Sleman,

“Kewajiban kami terhadap masukan masyarakat adalah mengkonfirmasi dan mengklarifikasi kebenaran masukan yang dimaksud,” tutur Karim.

Sementara itu, Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Sleman, Vici Herawati menambahkan, proses pleno Panwaslu Kecamatan di seluruh kecamatan untuk memilih Panwaslu Desa terbaik berjalan dinamis,

“Teman-teman kami di kecamatan dalam membuat keputusan sangat hati-hati dan obyektif, bahkan saking hati-hatinya debat  dan adu argumentasi mereka lakukan, terutama mereka yang mendapat masukan masyarakat baik via email, surat, maupun datang langsung ke kantor Panwaslu Kecamatan masing-masing,” kata Vici.

“Komposisi Panwaslu Desa saat ini yang terpilih adalah terdiri 64 laki-laki dan 22 perempuan atau perbandingannya 74% dan 26%. Semua sudah diplenokan dan diputuskan secara kolektif kolegial oleh semua Panwaslu Kecamatan, dan hasilnya diumumkan Kamis (13/3/2020). Tentu dengan adanya hasil keputusan ini ada yang setuju dan tidak setuju, kami harapkan semua bisa menghormati hasil pleno Panwaslu Kecamatan dengan besar hati,” sambung Vici.

Mereka yang terpilih dan terlantik sebagai Panwaslu Desa diharapkan yang terbaik dan siap melaksanakan kerja-kerja pengawasan sejak Bulan Maret ini mengingat tahapan pemilihan sudah mulai berjalan. Jiwa integritas dan netralitas serta indepedensi harus dipegang dan dijaga betul kemudian jiwa tanggung jawab kepengawasan mereka juga harus dipelihara sampai dengan tahapan selesai.

Selanjutnya 86 orang Panwaslu Desa yang terpilih secara serentak akan dilantik pada 13 Maret 2020 di kecamatan masing-masing. (pr/kt1)

 

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *