Dilantik, Panwasludes se Kecamatan Kalasan Siap Awasi Pilkada Sleman 2020

KALASAN – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Kalasan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman melantik empat Panwaslu Desa se- Kecamatan Kalasan di Aula Balai Desa Purwomartani,Jumat (13/03/2020) siang.

Empat Panwasludes terpilih yaitu Panggung Wibowo yang bertugas di desa Purwomartani, Rini Kuswanti yang bertugas di Desa Tirtomartani, Muhammad Fakhrur R yang bertugas di Tamanmartani, Joko Suwito yang bertugas di Desa Selomartani.

Anggota Panwaslu Kecamatan Kalasan, Lilik Sumitro mengatakan, Empat Panwaslu Desa yang dilantik telah lolos seleksi bertahap dari seleksi administrasi, tes wawancara, dan masukan dari masyarakat,

“Kami melaksanakan tahapan per tahapan seobjektif mungkin sesuai dengan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan (Juklak/Juknis) dari Bawaslu Kabupaten Sleman. Diantara dasar penilaiannya adalah netralitas, integritas, dan independensinya,” ujarnya usai pelantikan.

Lilik yang sekaligus Koordinator Divisi (Kordiv) Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga (PHL) menjelaskan, Panwasludes terlantik dipersiapkan sebaik-baiknya untuk melaksanakan tugas-tugas dari Bawaslu Sleman sesuai aturan hukum,

“Kami persiapkan sebaik mungkin Panwasludes, untuk mewujudkan Pilkada, dalam hal ini Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman 2020 yang berintegritas, Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia serta jujur dan adil,” tegasnya.

Anggota Panwascam Lainnya, Fadhli Kharisma Rahman, SH  menambahkan, tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Panwasludes sesuai dengan UU No. 10 Th 2017, sedangkan untuk ketugasan mengaju kepada UU No. 10 Tahun 2016,

“Kerja Panwasludes selalu ada laporan, sehingga Panwasludes harus benar-benar bisa mengisi laporan Form A dengan baik dan benar, karena itu akan kami laporkan kepada Bawaslu Sleman untuk dilanjutkan ke pusat. Oleh karenanya setelah pelantikan kami adakan pembekalan,” ujar Fadhli yang juga Kordiv Penindakan Panwascam Kalasan.

Ia juga mengatakan, Bawaslu Sleman akan memerikan alt kerja untuk Panwasludes dalam menjalankan tugas-tugasnya. Diantaranya media sosialisasi berupa sticker dan poster yang akan disebar luaskan melalui kepala dukuh di desa masing-masing.

Sementara itu,Panwasludes Selomartani, Joko Suwito mengaku siap untuk mengemban amanah dari Panwaslu Kecamatan Kalasan,

“Kami siap melaksanakan tugas untuk tercapainya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman 2020 yang berintegritas, dan menjaga Kalasan, khususnya Purwomartani tetap aman dan kondusif,” pungkasnya.

Pengambilan sumpah Panwasludes terpilih dilaksanakan oleh Ketua Panwascam Kalasan, Jafarudin dan pembacaan SK Penetapan oleh Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan Kalasan, Sumijo, S.Sos. Acara Pelantikan dan Pembekalan Panwasludes dihadiri Oleh Komisioner sekaligus Kordiv SDM Bawaslu Sleman, Vici Herawati beserta staf; Camat Kalasan, Siti Anggraeni Susila Prapti SH.MM,; Rohaniawan dari KUA Kalasan, tiga staff Panwaslu Kecamatan Kalasan dan Perwakilan Empat Kepala Desa se Kecamatan Kalasan. (rd2)

Redaktur: Faisal

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.