Berkontribusi Cegah Penyebaran Covid 19, Buddies KUI UP45 Membuat Masker untuk Amal

YOGYAKARTA – Merebaknya virus Covid19 di Indonesia, membuat ketersediaan masker menjadi berkurang. Melihat perkembangan virus yang kian mengalami peningkatan, pemerintah kemudian menghimbau masyarakat untuk mengenakan masker kain. Sebab, masker yang biasa disediakan di apotek, diperuntukkan untuk tenaga kesahatan. 

Terpanggil untuk membantu masyarakat mencegah penyebaran Covid 19, salah satu mahasiswa Universitas Proklamasi 45 (UP 45) Yogyakarta, Alia Nanda Rumekti yang aktif dalam kegiatan Buddies KUI UP45 berinisiatif membuat masker kain untuk charity (amal) kepada masyarakat.

Menurut Alia, pembuatan masker juga merupakan salah satu wujud kontribusi Buddies KUI UP45 dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19. Ia membuat 2 jenis masker. Masker 1 lapis dan 2 lapis. Untuk masker biasa adalah masker 1 lapis. Sedangkan Masker dua lapis, bisa diselipkan tisu basah diantaranya. Tisu basah menurut Alia berguna untuk penyaringan kotoran,

“Masker ini adalah masker hasil jahit tangan (bukan mesin), dimana sebelum proses penjahitannya, saya melakukan cuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer,” katanya, Kamis (09/04/2020). 

Ia menjelaskan, Masker 1 lapis dijual seharga Rp8.000,- per masker. Sedangkan Masker 2 lapis dijual seharga Rp10.000,- per masker, 

“Sebagian dari hasil akan saya gunakan untuk mendukung kegiatan Charity UP45,” ungkap Alia.

Sementara itu, dosen Teknik Lingkungan UP45 sekaligus Asisten Wakil Rektor Bidang III, Febriyanti Angelia Ginting, S.Pd., M.Sc mengapresiasi hasil karya Alia dan kegiatan Buddies KUI UP45 tersebut,

“Menurut saya kegiatan Buddies KUI UP45 dalam membuat masker kain sangat positif dan bermanfaat sembari mengisi waktu luang belajar dari rumah. Di tengah wabah Covid 19, masker menjadi salah satu barang yang sangat diperlukan dan dicari oleh masyarakat sehingga menimbulkan dampak kelangkaan. Masker kain ini salah satu solusinya karena dapat dicuci dan dipergunakan kembali,” tuturnya.

Menurut Febriyanti, saat ini pemerintah juga menganjurkan masyarakat untuk mengenakan masker kain untuk melindungi diri agar seseorang tidak menulari orang lain lewat batuk atau pilek,

“Saya sangat mendukung kegiatan Buddies KUI UP45 untuk memproduksi masker kain. Apalagi menurut pembina Budides KUI, hasil dari penjualan ini akan disumbangkan untuk masyarakat yang sangat membutuhkan. Saya berharap civitas akademika dan masyarakat ikut ambil bagian dalam kegiatan Buddies KUI UP45,” ujarnya.

Direktur Kantor Urusan Internasional UP 45(KUI UP45) Rr. Putri Ana Nurani, SS, MM sekaligus Pembina Buddies KUI UP45 mengatakan kegiatan yang dilakukan oleh Alia yang merupakan salah satu Buddies KUI UP45 tersebut, merupakan bentuk dedikasi bagi masyarakat.

“Buddies KUI UP45 dibentuk salah satunya adalah membantu dan mendukung mahasiswa internasional di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta agar mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan kampus ataupun ketika tinggal bahkan terjun di masyarakat. Buddies KUI UP45 juga membantu saat mahasiswa asing mengalami kesulitan atau kendala dalam bahasa dan bersosialisasi,” ungkap Putri.

Dalam kegiatannya KUI UP45 senantiasa memberikan pembekalan dan peningkatan capacity building baik bagi mahasiswa asing, Buddies KUI UP45 maupun masyarakat luas,

“Saat ini seminar online diberikan untuk memberikan motivasi bagi mereka. Harapannya dengan pembekalan ini mereka dapat berkontribusi lebih banyak lagi bagi masyarakat. Program KUI UP45 saat ini adalah fokus dalam campaign anti covid 19, memberikan dukungan atau motivasi bagi mahasiswa asing, mahasiswa Indonesia, civitas UP45, maupun masyarakat luas untuk bisa bergandengan tangan saling menguatkan satu dengan yang lain agar dapat menghadapi wabah covid 19,” terangnya.

Selain itu melalui kegiatan seminar online capacity building yang diselenggarakan bagi mahasiswa dan umum ini sebagai bentuk kegiatan KUI UP45 dalam melakukan penggalangan dana yang berasal dari para mitra organisasi yang nantinya hasil yang didapat digunakan untuk Charity UP45.

Di tempat yang berbeda, Wakil Rektor Bidang III Muhamad Ali Sukrajap, SE, MBA berharap kegiatan yang dilakukan oleh KUI UP45 dapat terus dijalankan. Menurutnya kegiatan tersebut selaras dengan tagline UP45, yaitu “The University of Petroleum”. Civitas academika kampus yang terletak di Jl. Proklamasi No 1 Babarsari Depok Sleman Yogyakarta ini dibentuk sebagai pribadi-pribadi yang bisa memberikan solusi atas persoalan masyarakat, bangsa dan negara.

Ia menghimbau dalam kondisi saat ini warga masyarakat untuk tetap #dirumahaja, menjaga kesehatan dan kebersihan diri, tetap tenang dan jangan panik,

“Serta lakukan 5 S yang juga merupakan campaign UP45 yaitu Self Imune, Sport Happiness, Soap Always, Social And Physical Distancing, Support Through Each Other,” imbaunya. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.