Fokki Terjun Langsung Pastikan Ketahanan Pangan Warga Dapelnya Aman di Masa Pandemi Covid – 19

YOGYAKARTA –  Anggota DPRD Kota Yogyakarta dari Daerah Pemilihan (Dapel) Kecamatan Gondokusuman dan Kecamatan Danurejan, Antonius  Fokki Ardiyanto S.IP melakukan safari kegiatan sosial untuk memastikan masyarakat di wilayah Dapelnya tidak ada yang terancam kelaparan dalam menjalani kehidupan di masa pandemi Covid-19 ini. 

Fokki mengungkapkan, safari kegiatan sosial yang ia lakukan adalah sebagai bentuk tangggungjawab untuk melaksanakan ketugasan representatif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta.

Menurutnya, rangkaian kegiatan sosial yang ia lakukan  diantaranya bekerja sama dengan Bulog Kota Yogyakarta memfasilitasi pelaksanaan pasar murah di wilayah Kampung Mangkukusuman dengan sasaran masyarakat di sekitar, diantaranya dari Kampung Danukusuman, Gendeng, Gunung Ketur, Bausasran, Kotabaru,

“Dalam pasar murah yang disambut antrusias warga tersebut terjual bahan kebutuhan pokok yaitu beras sekitar 2 kwintal, gula 1 ton dan minyak goreng 675 liter,” tuturnya dalam keterangan pers kepada wartawan, Jumat (08/05/2020).

Selain itu, Fokki juga juga mengawasi pelaksanaan pengambilan sembako bagi pemegang KKS dan PKH/BPNT di wilayah Kecamatan Gondokusuman. Fokki merinci, Keluarga Penerima Manfaat  Program sembako reg uler BPNT/PKHse kec gondokusuman sebanyak 1.024 KPM. Sedangkan Program perluasan program sembako darurat covid 19 KKS/ATM Sembako se Kecamatan Gondokusuman sejumlah 743 KPM. Sehingga, kata dia, total dari Keluarga Penerima Manfaat adalah 1.767 Keluarga.

Ia juga melakukan sidak di Pasar Demangan untuk memastikan ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat yang akan membeli kebutuhan pokok dan daya beli masyarakat. Dari sidak tersebut didapati fakta bahwa proses transaksi masih ramai,

“Dan dalam sidak tersebut ditindaklanjuti dengan pengukuran suhu tubuh untuk para pedagang dan pengunjung pasar dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid19,” ujar Fokki yang juga selaku Sekretaris Gerakan Pemuda Marhaenis DIY.

Dalam sidak Fokki juga mendapati masih banyak pedagang dan pengunjung yang tidak memakai masker. Oleh karena itu Fokki segera menggelar rapat mendadak di lokasi bersama Camat dan Kadinas Perindustrian,

“Dalam rapat diputuskan agar mulai besok Sabtu (09/05/2020) seluruh pengunjung dan pedagang pasar demangan harus pakai masker dan bagi yang tidak memakai diputuskan untuk pulang atau tidak boleh memasuki area pasar,” tandasnya.

Kegiatan lain yang juga dilakukan Fokki yaitu membantu kebutuhan makanan warga dalam bentuk sembako terhadap keluarga yang dikarantina mandiri di wilayah  Danukusuman, Mangkukusuman, Gendeng, Tegal Lempuyangan dan Terban. Ia juga memberi bantuan sembako bagi anak kost yang mengadu ke Posko yang dibukanya.

“Saya sangat mengharapkan pemerintah kota juga memikirkan anak-anak kost di Kota Yogyakarta sebagai tanggung jawab negara terhadap rakyat dan harus segera eksekusi kebijakan tentunya,” tutup Anggota DPRD Kota Yogyakarta dari Fraksi PDI Perjuangan ini. (kt1)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.