Empat Taruna POLTEKIP Praktekkan Teori Akademis di Bapas Jogja

Yogyakarta – Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) mengirimkan 3 taruna utama Tingkat 3, 1 taruna tingkat 4  untuk melaksanakan magang di Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta (Bapas Jogja). Penerimaan dilakukan langsung oleh Kepala Bapas Jogja, Muhammad Ali Syeh Banna diruang kerja Kepala Bapas Jogja didampingi seluruh pejabat struktural, Selasa (08/06/2020).

Alisyeh Panggilan akrab beliau berharap bahwa, KKN dan Magang Taruna POLTEKIP ini mampu memberikan sumbangsih kepada perkembangan Bapas Jogja dalam pembimbingan dan pengawasan klien pemasyarakatan.

“Dalam Situasi pandemik covid 19 ini bimbingan dan pengawasan dilaksanakan melalui daring, bagaimanapun bentuk bimbingan dan pengawasan serta pembuatan litmas dan pendampinga sebagai tugas pokok fungsi Bapas tetap harus dilaksanakan, harapan kami adik-adik taruna ini bisa memberikan sumbagsih besar dalam pelaksanakan tugas pokok dan fugsi Bapas,” harap nya.

Keempat Taruna POLTEKIP Program Studi Bimbingan Kemasyarakatan ini melaksanakan Kuliah Kerja Nyata(KKN) selama 1 bulan dan magang selama kurang lebih 2 bulan, untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama menjalani pendidikan di Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) sebagai lembaga pendidikan Vokasional, dengan tujuan agar  dapat menerapkan, mengimplementasikan, serta mengembangkan keilmuan dalam dunia kerja atau masyarakat, serta dapat turut berpartisipasi memecahkan permasalahan-permasalahan yang ditemukan pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan tempat praktik.

Adnan Wahyu Noviandi, Taruna Tingkat 4 sebagai pimpinan rombongan mengatakan bahwa untuk nantinya terjun kedunia kerja ataupun masyarakat kami membutuhkan pengalaman kerja bukan hanya teori didalam kelas.

“Kami semua berharap bisa belajar dan berbagi ilmu bersama dengan Pembimbing Kemasyaraatan Bapas Jogja, menimba ilmu untuk kedepannya kami agar siap menjadi Pembimbing Kemasyarakatan yang  terjun dalam dunia kerja dengan segala tantangannya,” ucapnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Nadia putri, Fathurrohman Hardian Nugraha, dan Tegar Widya Pradhana Taruna dan Taruni tingkat 3 bahwa terjun kedunia kerja langsung adalah suatu tantangan tersendiri yang nantinya pasti akan mereka hadapi.

“Program Studi kami Bimbingan Kemasyarakatan, tentunya itu merupakan tugas pokok dan fungsi Balai Pemasyarakatan, belajar langsung dengan Pembimbing Kemasyarakatan dalam bimbingan klien, pengawasan, pendampingan dan dalam pengumpulan data penelitian kemasyarakatan pasti berbeda dengan hanya teori, mohon bimbingan dari petugas Bapas Jogja untuk mendampingi kami dalam pelaksanaan KKN dan Magang di Bapas Jogja ini,” tutur Nadia mewakili kedua rekannya.

“Taruna dan Taruni POLTEKIP ini melaksanakan KKN dan Magang dalam kurun waktu yang cukup lama, dan dalam pelaksanaan tugas mereka pihak kami memberikan pendamping untuk membimbing mereka dalam pelaksanaan tersebut, kami menunjuk 3 Pembimbing Kemasyarakatan sebagai senior mereka untuk mendampingi selama pelaksanaan, bukan hal yang mudah juga karena situasi pandemik Covid 19 ini tetapi kembali lagi kinerja tetap harus maksimal dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, tetap semangat tetap berkarya wujud sumbangsih dan keterlibatan taruna taruni POLTEKIP mampu menambah perkembangan Bapas Joja,” Tutup ALisyeh.(hen)

Redaktur : Hennyra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.