Taruna POLTEKIP TK I Gali Ilmu melalui Orlap di Bapas Jogja

Yogyakarta – Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta(Bapas Jogja) kembali menerima siswa Politeknik Ilmu Pemasyarakatan(POLTEKIP), Selasa(16/06/2020).
Dua orang Taruna Muda Poltekip angkatan LIV, Sunu Ariasmara dan Hanif Ragil Prakosa menuturkan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan orientasi lapangan(orlap) bagi taruna tingkat I.
“Tujuan Orlap ini adalah agar kami Taruna mendapatkan pengalaman praktis dari tugas pokok dan fungsi dari Unit Pelaksana Teknis(UPT) Pemasyarakatan,” tutur Ragil.
“Pada akhirnya hasil yang didapatkan nanti adalah kami bisa mengenal lingkungan UPT secara langsung, kegiatan yang berlangsung, guna keberhasilan kurikulum dan pendidikan kedepannya,” tambahnya.
Kepala Bapas Jogja, Muhammad Ali Syeh Banna setelah menerima tim Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan mengatakan bahwa saat ini kami menerima tamu enam orang siswa atau Taruna POLTEKIP.
“sebelum ini dan masih disini adalah Taruna Tingkat 3 dan 4 sekarang pihak Bapas menerima lagi 2 taruna tingkat pertama, hal yang sangat membantu bagi Bapas Jogja apalagi pihak Bapas sedang berusaha mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi, kedatangan adik-adik Taruna ini bisa membantu dalam berproses dengan saling bertukar ilmu yang bermanfaat,” jelas Alisyeh.
Bersamaan dengan pembukaan Orlap secara virtual dua orang taruna Poltekip didampingi oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Bapas Jogja, Ambar Sri Rahayu dan Kasubsi Bimbingan Kerja Klien Dewasa, Diana Anggar Kusuma.
Disampaikan oleh Ambar Sri Rahayu,“Mengingat situasi pandemi covid 19 segala sesuatu dilakukan secara virtual, pembukaan kegiatan Orlap Taruna POLTEKIP pun tidak terkecuali dan dilaksanakan pukul 10.00 WIB hari ini.
“ Adik-adik taruna Poltekip melaksanakan secara seksama sampai dengan acara selesai, serentak diseluruh Indonesia, seperti telah disampaikan oleh adik adik taruna tadi, bahwa orlap ini bertujuan untuk taruna mendapatkan pengalaman langsung di lapangan dengan berkegiatan bersama dengan petugas bapas Jogja, yang nantinya bisa diterapkan setelah mereka lulus nanti, walaupun waktunya singkat kami berharap adik-adik melakukan dengan sungguh-sungguh“ tutur Ambar.

Hal serupa pun disampaikan oleh kedua taruna, bahwa mereka berharap dalam waktu singkat dapat menimba ilmu secara maksimal, dan membawa manfaat bagi kedua belah pihak baik mereka sendiri ataupun Bapas Jogja ataupun UPT dimana mereka menimba ilmu.(Tya)

Redaktur : hennyra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.