Jaga Kondusifitas Masa Kampanye Pilkada, Panwascam Koordinasi dengan Polsek Kalasan

SLEMAN – Sebagai upaya mengoptimalkan pengawasan sekaligus menjaga suasana kondusif di Kecamatan Kalasan dimasa Kampanye Pilkada Sleman 2020, Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Kalasan berkoordinasi dengan Polsek Kalasan, di Markas Polsek Kalsan, Senin (28/09/2019). 

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (Kordiv PHL) Panwascam Kalasan, Lilik Sumitro mengungkapkan, koordinasi dengan Kapolsek Kalasan beserta jajaran merupakan tindak lanjut dari instruksi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten  Sleman dalam pengawasan serta penindakan potensi pelanggaran Pemilu, khususnya pelanggaran Kampanye.

Menurutnya dalam menangani dugaan pelanggaran Kampanye yang dilakukan oleh Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan wakil Bupati, Panwascam perlu berkoordinasi dengan Polsek,

“Sesuai jadwal tahapan Pilkada, Kampanye Paslon sudah dimulai sejak 26 September. Terkait Pilkada ini, Peraturan KPU mengatur terkait protokol kesehatan pencegahan Covid-19, demikian juga dalam maklumat Kapolri, sehingga kami koordinasi dengan Polsek untuk bersinergi dalam penegakkan aturan Pilkada,” katanya didampingi Kordiv Penindakan Panwascam Kalasan, Fadhli Kharisma Rahman.

Sementara itu, Kanit Intel Polsek Kalasan, AKP Joko Susilo menyambut baik koordinasi dari Panwascam Kalasan. Menurut Joko, dalam masa kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman, tugas kepolisian mengacu kepada Maklumat Kapolri Nomor: Mak/3/IX/2020 tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemilihan tahun 2020,

“Sesuai Maklumat Kapolri, bahwa Pemilihan Kepala Daerah merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat secara konstitusional yang dilindungi Undang-Undang, maka diperlukan penegasan pengaturan agar tidak menjadi klister baru penyebaran covid-19. Kami siap berkoordinasi dengan Panwascam Kalasan dalam penegakkan peraturan,” tuturnya didampingi Kanit Binmas IPTU Agus Mulyono dan Anggota Unit Intel Polsek Kalasan, IPDA Susanto.

Joko berharap, dengan sinergitas Kepolisian dengan unsur penyelenggara Pemilu, Pilkada di Kabupaten Sleman berlangsung aman dan damai,

“Mari dalam momentum pilkada ini kita tetap menjaga suasana aman tertib dan damai dalam kehidupan masyarakat, terutama di wilayah kecamatan Kalasan,” tutupnya. (kt1)

Redaktur: Faisal

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com