Kanwil Kemenkumham DIY Gelar Pameran Virtual Hasil Karya Narapidana

Yogyakarta – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan acara Pameran Virtual Hasil Karya Warga Binaan Pemasyarakatan(WBP), mengusung tema “Berani Aksi, Mengubah Persepsi” dari Jogja untuk Indonesia.

Acara pameran virtual tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2020, yang merupakan hari jadinya kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan Layanan Publik Digital Kemenkumham Menuju Indonesia Maju, diadakan di gedung pamer karya narapidana Jl, Tamansiswa Yogyakarta dan dapat disaksikan di kanal youtube kementerian hukum dan hak asasi manusia dan juga melalui link aplikasi zoom, Rabu(11/11/2020).

Produk hasil karya wbp ini terdiri dari wbp Lembaga Pemasyarakatan(Lapas), Rumah Tahanan negara(Rutan), juga klien pemasyarakatan Balai pemasyarakatan(Bapas), menampilkan hasil karya produk seperti kerajinan batik, lukisan,tas rajut, aneka pernak Pernik seperti kalung, gelang,maupun kesenian tarian dan hadroh.

Kepala Kantor Wilayah, Indro Purwoko yang didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Gusti Ayu Putu Suwardani menyampaikan bahwa acara pameran virtual ini bertujuan untuk memperingati Hari Dharma Karya Dhika tahun 2020.

“Acara Pameran Virtual ini selain untuk memperingati Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2020 juga sebagai optimalisasi penggunaan gedung pamer sebagai sarana pembinaan warga binaan, yang ketiga pameran secara virtual dalam situasi pandemi covid-19 walaupun masa pandemi masyarakat juga tau apa hasil dari warga binaan sebagai bukti bahwa pembinaan di Lapas/Rutan telah berjalan dengan baik,” jelasnya.

“Agar masyarakat juga tau bahwa pihak kami memberikan bekal kepada warga binaan pemasyaratan Ketika mereka bebas nanti, Ketika mereka mengetahui diharapkan tentu masyarakat bisa menerima kembali ditengah-tengah masyarakat seutuhnya, dan kami informasikan juga bahwa pameran secara virtual karya warga binaan pemasyarakatan ini baru DIY satu-satunya yang melaksanakan” tambahnya.

Tidak hanya pemasyarakatan, di dalam ruang gedung pamer juga di tampilkan konten-konten layanan dari Divisi Pelayanan Hukum dan HAM beserta Keimigrasian. Hadir dalam acara tersebut Direktur Bimbingan Kemasyarakaran dan Pengentasan Anak, Slamet Prihantara, yang secara khusus bersama-sama dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY membuka pameran virtual karya warga binaan pemasyarakatan.(Bond)

Redaktur: Hennyra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.