Menuju WBK, Kepala Divisi Pemasyarakatan Beri Penguatan Tugas Fungsi Bapas Yogyakarta

Yogyakarta – Dalam rangka penguatan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) di Balai Pemasyarakatan(Bapas) Kelas I Yogyakarta, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta, Gusti Ayu Putu Suwardani memberikan pengarahan kepada seluruh pejabat struktural dan seluruh Pembimbing Kemasyarakatan (PK) serta Asisten Pembimbing Kemasyarakatan (APK). Turut hadir mendampingi pada kegiatan tersebut yaitu Kepala Bidang Pembinaan IT dan Kerjasama M. Akhyar, yang disambut oleh Kepala Bapas Kelas I Yogyakarta Muhammad Ali Syeh Banna bersama jajaran di ruang sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan(TPP) Bapas Kelas I Yogyakarta Jalan Pangurakan No.1 Yogyakarta, Jumat (29/01/2021).

Dalam kesempatan ini, Ayu menegaskan tentang tugas dan fungsi Bapas secara umum dan PK, APK secara khusus, agar dapat lebih solid untuk mempersiapkan segala sesuatu menuju Pembangunan Zona Integritas menuju WBK.

“Berkaitan dengan pembangunan Zona Integritas seluruh pegawai harus lebih paham akan tugas dan fungsi serta tanggung jawabnya terutama PK dan APK dalam mempercepat penelitian kemasyarakatan atau litmas dan menghindari keterlambatan litmas sehingga pemberian hak-hak Warga Binaan Pemasyarakatan jadi terlambat” tegasnya.

“Hal yang perlu ditingkatkan adalah peningkatan sinergitas antar Unit Pelaksana Teknis atau UPT untuk menghindari kesalah pahaman dalam permintaan dan pengusulan litmas sehingga mencapai target yang telah ditetapkan, juga perlunya optimalisasi peranan Ikatan Pembimbing Kemasyarakatan Indonesia (IPKEMINDO) sebagai wadah bagi para PK untuk saling bertukar ilmu dan berbagi wawasan yang dimiliki. Jika ada kendala dalam pelaksanaan tugas, diskusikan melalui forum IPKEMINDO. Jika belum menemui solusi segera laporkan ke Divisi Pemasyarakatan, untuk kita carikan jalan keluarnya. Para PK yang baru saya harapkan juga langsung aktif dan belajar pada IPKEMINDO” tambahnya.

Ali Syeh, ditemui setelah kegiatan menuturkan bahwa harapannya kegiatan penguatan ini mendorong semangat pegawai Bapas Kelas I Yogyakarta untuk benar-benar berupaya menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan oleh pimpinan.

“Seperti disampaikan oleh Ibu Ayu tadi bahwa semua pegawai terutama PK dan APK harus betul-betul memahami tugas dan fungsinya masing-masing, kegiatan ini juga merupakan evaluasi kinerja sehingga tahun ini bisa mengoptimalkan kemampuan yang ada sebagai dukungan pembangunan zona integritas menuju WBK, pelayanan yang prima dan mencapai target yang diharapkan,” tuturnya,

“Dan tentunya semoga kegiatan ini dapat memberikan dorongan semangat agar kedepannya semakin maju, dan tentunya dapat meraih predikat WBK di tahun 2021 ini,” pungkas Ali Syeh.(Tri)

Redaktur : Hennyra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.