Bapas Jogja dan Puskesmas Gondomanan Wujudkan Layanan Kesehatan Jiwa Klien

Yogyakarta – Kementerian Kesehatan mengupayakan pengembangan layanan kesehatan jiwa dilakukan di layanan kesehatan primer seperti Pusat Kesehatan Masyarakat(Puskesmas) untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat.

Hermin selaku utusan Kepala Puskesmas Gondomanan Yogyakarta untuk melakukan koordinasi pra PKS dengan Balai Pemasyarakatan(Bapas) Kelas I Yogyakarta mengatakan,

“Kunjungan ini bertujuan mengadakan penjajakan untuk pelaksanaan kerjasama dengan Bapas Kelas I Yogyakarta di bidang Pembimbingan Kepribadian yang berfokus pada kesehatan jiwa, pemulihan secara psikologis, kepada klien Bapas Kelas I Yogyakarta baik pada Bimbingan Klien Dewasa maupun Bimbingan Klien Anak. Pengembangan layanan kesehatan jiwa di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dinilai juga sebagai upaya untuk mengurangi stigma terhadap pasien dengan gangguan kesehatan jiwa dan menata sistem rujukan yang nantinya peningkatan pelayanan kesehatan yang diharapkan mencakup antara lain kemudahan akses, keterjangkauan, efektif, efisien serta memperhatikan hak-hak asasi manusia.”

“Beberapa saat lalu pihak kami pernah berkunjung di Bapas Kelas I Yogyakarta dan mencermati tugas dan fungsi Bapas sebagai pendamping Anak yang Berhadapan dengan Hukum dan juga sebagai pembimbing klien dewasa membuat pihak kami ingin terlibat didalamnya” ungkap Hermin yang ditemui oleh Kepala Sub Seksi Bimbingan Klien Dewasa, Prihatin, di ruang bimbingan klien Bapas Kelas I Yogyakarta, Selasa (02/03/2021).

“Dengan dihadirkannya layanan kesehatan jiwa di seluruh Puskesmas diharapkan layanan itu tidak hanya untuk penanganan gejala masalah kesehatan jiwa. Tetapi layanan juga mencakup pemahaman masyarakat sekitarnya yang akan membantu peningkatan kualitas hidup pasien penderita” tambahnya.

Prihatin mengatakan bahwa kunjungan pihak Puskesmas Gondomanan ke Bapas Kelas I Yogyakarta sangat berarti. Menurutnya Bapas sangat terbuka untuk melakukan hal yang berhubungan dengan bimbingan kepribadian ke arah lebih baik untuk klien Bapas.

“Pendampingan Anak yang Berhadapan dengan Hukum maupun bimbingan klien dewasa sangat membutuhkan pelayanan Kesehatan jiwa, dalam penanganan kesehatan jiwa untuk digiatkan dengan semangat solidaritas dan saling membantu, semata mata untuk kepentingan klien,” tuturnya.

Kepala Bapas Kelas I Yogyakarta, Muhammad Ali Syeh Banna menambahkan bahwa ia sangat menyambut baik Kerjasama antara Bapas Kelas I Yogyakarta dan Puskesmas Gondomanan ini bisa terlaksana dengan baik.

“Harapannya perhatian dan tujuan yg sangat baik dari pihak Puskesmas Gondomanan ini, dapat di respon dengan baik pula oleh klien kita, sehingga tujuan baik ini bisa menjadi salah satu yang membawa perubahan yg signifikan bagi kemajuan Bapas Kelas I Yogyakarta ke depannya,” pungkasnya. (Prih)

Redaktur : Hennyra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.