Program Kampus Merdeka Diterapkan di Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial UIN Sunan Kalijaga

YOGYAKARTA – Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diinstruksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nadiem Makarim mulai diimplementasikan sejumlah perguruan tinggi baik negeri dan swasta di Indonesia. Salah satunya Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga yang bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan (UNPAS) menyelenggarakan kegiatan pertukaran mahasiswa.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan Dr. M. Budiana, S.IP., M.Si menuturkan saat ini kita sedang merealisasikan kegiatan pembelajaran di luar program studi, berdasarkan Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat (1) yang dapat dilakukan di dalam program studi dan di luar program studi. “Dan ini awal dari silaturohim akademik” kata Budiana saat memberi sambutan pertukaran mahasiswa melalui melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (02/03/2021) kemarin.

Budiana menambahkan salah satu tujuan program ini yakni membangun persahabatan mahasiswa antar daerah, suku, budaya, dan agama, sehingga meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Beberapa bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan seperti: Pertukaran mahasiswa antar prodi pada kampus yang sama, pertukaran mahasiswa dalam prodi yang sama pada kampus yang berbeda dan pertukaran mahasiswa antar prodi pada kampus yang berbeda.

“Program MBKM ini juga tidak hanya pertukaran pelajar saja bisa meluas untuk mengembangkan bidang akademik, yang meliputi magang atau praktik kerja, asistensi mengajar di satuan pendidikan, penelitian atau riset bersama, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, tudi/proyek independen, membangun desa atau kuliah kerja nyata tematik (KKNT). UNPAS mengirimkan 7 mahasiswa untuk belajar di Prodi Ilmu Kesejahteraaan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” tutur Budiana.

Sementara Ketua Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS) Siti Solechah, S.Sos., M.Si  menjelaskan kegiatan pertukaran mahasiswa ini sudah berlangsung ke dua kalinya dengan UNPAS. “Semester genap ini tiga mahasiswa Prodi IKS Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang belajar di Prodi IKS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (UNPAS),” kata Solechah.

Solechah mengungkapkan momen ini dijadikan untuk belajar di luar yang bukan lingkungan prodi sendiri. Untuk itu Ia berharap mahasiswanya agar belajar dengan tekun dan berbuat baik kepada orang yang mengajarkan ilmu kepadanya.

“Seperti yang diajarkan oleh Nabi dalam sebuah hadist belajar dan mengajarlah kamu semua, serta hormati guru-gurumu dan berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkan ilmu kepadamu,” pungkas Solichah. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.