Bapas Yogyakarta dan Rifka Annisa Berkolaborasi dalam Psikoedukasi bagi Anak dan Orang Tua

Yogyakarta – Seksi Bimbingan Klien Anak (BKA) Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas I Yogyakarta bekerja sama dengan Rifka Annisa, lembaga non-pemerintah yang bergerak di bidang penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan perlindungan anak, menyelenggarakan kegiatan bimbingan kepribadian dalam bentuk psikoedukasi, Jumat(05/032021). Kolaborasi ini dijalin dengan Rifka Annisa yang merupakan salah satu kelompok masyarakat peduli pemasyarakatan (Pokmas Lipas) yang bermitra dengan BAPAS Kelas I Yogyakarta.

Acara dibuka pada pukul 13.00 dengan laporan kegiatan oleh Liana Dwi Puspita Sari sebagai Kepala Seksi BKA sekaligus ketua panitia, serta sambutan dari Muhammad Ali Syeh Banna selaku Kabapas dan Indiah Wahyu Andari, koordinator pendamping dari Rifka Annisa. Kegiatan psikoedukasi ini diikuti oleh lima orang klien Anak di BAPAS Kelas I Yogyakarta didampingi oleh tujuh orang tua atau wali Anak.

Dalam kegiatan ini, psikoedukasi dilakukan secara terpisah dalam dua kelas dengan pemateri bagi orang tua dan bagi Anak. Dengan mengumpulkan orang tua yang anak-anknya sama-sama bermasalah dengan hukum, diharapkan para orang tua dapat menjadi kelompok pendukung (support group) bagi satu sama lain, sementara para Anak dapat mengembangkan perspektif baru terhadap diri mereka dan orang lain, sehingga nantinya dapat mengembangkan hubungan yang lebih positif dengan keluarga, rekan sejawat, maupun orang lain.

Indiah selaku koordinator tim Rifka Annisa mengapresiasi terlaksananya kegiatan bimbingan kepribadian yang melibatkan Rifka Annisa. “Mudah-mudahan, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi anak-anak, dan BAPAS Kelas I Yogyakarta dapat mengembangkan kegiatan-kegiatan untuk pembimbingan bagi Anak, agar dapat meraih masa depan yang lebih baik.” Sementara itu, salah satu perwakilan orang tua klien menyambut baik dilaksanakannya kegiatan psikoedukasi ini, yang memberikan kesempatan baginya dan orang tua yang lain untuk saling berbagi dan saling mendukung demi membuat anak-anak mereka menjadi pribadi yang lebih baik. “Saya harap kegiatan semacam ini akan diadakan kembali di masa depan,” ujarnya.

Ali Syeh, Kabapas Yogyakarta, memaparkan bahwa kegiatan kolaborasi ini merupakan bentuk kerjasama Bapas Kelas I Yogyakarta sebagai UPT yang bergerak di bidang bimbingan kemasyarakatan, dengan Rifka Annisa yang merupakan LSM sekaligus Pokmas yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap perlindungan Anak. “Anak-anak kita merupakan generasi yang memiliki potensi sangat besar, baik dalam lingkup keluarga mereka khusunya, maupun untuk masyarakat secara umum,” ujarnya. Ali juga opimis bahwa dengan kegiatan kolaboratif ini, akan banyak yang dapat dipelajari mengenai kebutuhan klien Anak, serta prospek kegiatan yang dapat dikembangkan di masa depan.

Hal senada diungkapkan Liana selaku Kasi BKA, yang berharap bahwa kerja sama dengan Rifka Annisa tidak hanya terhenti dalam kegiatan ini, dan Bapas Yogya dapat berkolaborasi lebih lanjut untuk pengembangan bimbingan terhadap Klien anak. “Kami harap orang tua atau wali juga dapat memotivasi dan merangkul Anak untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang kami selenggarakan, baik dalam bentuk bimbingan maupun kegiatan lainnya,” pungkasnya.(Skr)

Redaktur : Hennyra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.