500 Abdi Dalem Keraton Yogyakarta Divaksin

YOGYAKARTA – Sedikitnya 500 Abdi Dalem Keraton Yogyakarta menjalani vaksinasi di Grha Pradipta (Jogja Expo Center), Bantul, Yogyakarta, Kamis (08/04/2021).

Penghageng KHP Nitya Budaya Keraton Yogyakarta, GKR Bendara mengatakan tidak semua abdi dalem mengikuti vaksinasi Covid-19 hari ini. Ada sebagian abdi dalem kesenian yang diikutsertakan. Vaksinasi diprioritaskan bagi abdi dalem yang bertugas di bidang pariwisata dan kategori lanjut usia (lansia).

“Memang diprioritaskan di bagian depan pelayanan. Jadi, seperti edukator pariwisata lalu penari dan pelaku seni dan lain sebagainya,” kata GKR Bendara.

Putri Sri Sultan HB X ini menjelaskan, KHP Nitya Budaya sendiri merupakan sebuah divisi yang bertanggungjawab pada pengelolaan arsip, naskah, dan museum di Keraton Yogyakarta.

GKR Bendara juga menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi bagi Abdi Dalem akan dilakukan secara bertahap. Menurutnya Ada sekira 2.800 Abdi Dalem di Keraton Yogyakarta. 

Nah, nanti tinggal kita berkala. Tapi prioritas untuk yang lansia duluan,” tuturnya.

Ia berharap, vaksinasi ini dapat mengurangi risiko paparan Covid-19. Menurut GKR Bendara, abdi dalem di keraton Yogyakarta mayoritas di atas 50 tahun,

“Malah lebih banyak umur pensiun sudah lansia. Maka dengan begitu (vaksinasi) diharapkan semua mulai beraktivitas kembali dengan normal. Paling tidak, acara di keraton bisa diayahi (dilakukan) dengan tenang,” pungkasnya. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.