UP 45 Sukses Laksanakan Ujian Seleksi Calon Pamong Kalurahan Caturtunggal

SLEMAN – Ujian Seleksi Calon Pamong Kalurahan Caturtunggal Kapanewon Depok Kabupaten Sleman tahun 2021 telah dilakasanakan di Universitas Proklamasi 45 (UP 45) Yogyakarta, Jl. Proklamasi No. 1 Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman pada Selasa, (20/04/2021). Serangkaian ujian yang dimulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Sekretaris Prodi Administrasi Publik UP 45, Pangky Febriantanto,S.IP,M.IP mengatakan Ujian tersebut sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Pengisian dan Pemberhentian Perangkat Desa khususnya Pasal 19 yang mewajibkan Desa/Kalurahan untuk bekerjasama dengan menunjuk Perguruan Tinggi terakreditasi minimal B dan memiliki kompetensi untuk mempersiapkan dan menyelenggarakan ujian,

“Dalam penyelenggaraan ujian Seleksi Calon Pamong Kalurahan Caturtunggal seluruh naskah soal serta teknis ujian diselenggarakan atas tanggungjawab dosen-dosen pengurus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang berkolaborasi dengan dosen MKDU, Hukum, Teknologi Informasi, dan Psikologi beserta karyawan UP 45 Yogyakarta yang memang berkompeten dibidangnya,” tutur Pangky dalam keterangan persnya, Sabtu (01/05/2021).

Pangky menjelaskan, serangkaian ujian seleksi calon pamong juga mengacu pada Perda 10 Tahun 2019, antara lain ujian tertulis yang terdiri dari tes potensi akademik dan tes kompetensi bidang sebanyak 40 soal. Kemudian, ujian Psikologi selama 1 jam, Wawancara selama 1,5 jam, dan Ujian Keterampilan masing-masing 1 jam yang terdiri dari keterampilan pidato, keterampilan presentasi, keterampilan memimpin rapat, dan keterampilan komputer.

“Adapun posisi Pamong Kalurahan Caturtunggal yang diperebutkan antara lain Kepala Urusan Perencanaan atau Pangripta, Dukuh Manggung, Dukuh Blimbingsari, Dukuh Santren, dan Dukuh Ambarukmo,” kata Pangky.

Menurutnya, dari 12 peserta calon pangripta, sebanyak 2 peserta tidak hadir. Sedangkan 9 peserta calon Dukuh Manggung, 2 peserta calon Dukuh Blimbingsari, 4 peserta calon Dukuh Santren, dan 6 peserta calon Dukuh Ambarukmo seluruhnya hadir,

“Sehingga, dari total 33 peserta hanya 2 peserta yang tidak hadir,” ujarnya.

Pangky menambahkan, untuk hasil penilaian beserta berita acara ujian dan berita acara hasil dari serangkaian ujian yang telah dilaksanakan telah diserahterimakan dari UP 45 Yogyakarta selaku Panitia Ujian kepada Lurah Caturtunggal melalui Ketua Panitia Pengisian Pamong Kalurahan pada 21 April 2021.

“Kami berharap nantinya Pamong Kalurahan Caturtunggal terpilih dari hasil ujian di UP 45 ini menjadi pamong yang amanah dan professional dalam melayani masyarakat,” harapnya. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.