Lulusan UP 45 Yogyakarta Bertekad Menjadi Bagian dari Solusi Persoalan Bangsa

YOGYAKARTA – Lulusan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta bertekad untuk menjadi bagian dari solusi atas persoalan bangsa yang semakin menumpuk.

Hal itu diungkapkan Zainullah salah satu lulusan dari Program Studi Hukum sebagai perwakilan wisudawan saat menyampaikan pidato dalam forum Wisuda Sarjana Periode Semester Ganjil Tahun Akademik 2020-2021, Sabtu (29/05/ 2021) di Ruang Seminar UP 45 Yogyakarta.

Dalam pidato sambutannya, Zain memberikan motivasi kepada rekan-rekannya bahwa dari ilmu yang telah diperoleh harus dapat memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat sebagai tempat kebiasaan, kebudayaan dan kearifan itu berpusat. Menurutnya, Kelulusan dari Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta adalah suatu ikhtiar bersama-sama mempersiapkan cendekia profesional yang siap menjawab tantangan pada setiap disiplin ilmu dan zaman,

“Hari ini bukanlah akhir dari perjuangan kita, hari ini bukanlah akhir dari mimpi kita . Hari ini adalah tonggak awal perjuangan lain yang telah menanti kita. Banyak bidang yang harus kita garap untuk dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada. Banyak sekali permasalahan bangsa yang pada hari ini semakin menumpuk maka kita akan hadir dan menjadi solusi,” tegasnya.

Zain juga mengajak kepada rekan sesama wisudawan agar apapun profesi yang nantinya akan digeluti agar bisa memberikan sebesar-besarnya kontribusi untuk pekerjaannya dan memberikan kebanggaan kepada orang-orang di sekitar, baik keluarga dan masyarakat,

“Bukan untuk menambah beban negara, bukan menambah problematika sosial dan bukan untuk menambah kesenjangan di tatanan masyarakat. Di pundak kita telah tersemat tanggung jawab sosial akan kebermanfaatan bagi masyarakat. Sebab ke mana kita mesti kembali jika bukan kepada masyarakat tempat kebiasaan, kebudayaan, dan kearifan itu berpusat,” tandasnya.

Menurut Zain, Lulusan UP 45 Yogyakarta lulusan yang memberi secercah ruang harapan akan kemajuan peradaban bangsa dan negara Indonesia. Lulusan UP 45, kata dia, menjadi bagian dari insan-insan pembaharu yang senantiasa mengasah intelektual, namun tidak abai pada aspek moral, emosional dan spiritual, sebagaimana wejangan para guru mengenai amal ma’ruf nahi munkar dan memayu hayuning bawana, ambrasta dur hangkara,

“Sungguh kami merasa bangga menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yang terus menerus tak letih memahat prestasi dan mengukuhkan diri sebagai Perguruan Tinggi yang berfokus di bidang perminyakan dan migas. Dan sejalan itu pula lah, ingatan memori kolektif kita tidak pernah lupa bahwa Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta adalah pengemban saktinya Pancasila,” ucap Zain.

Mewakili rekan-rekan wisudawan dan wisudawati , Zain juga manyampaikan ucapan terimaksih kepada segenap pimpinan Universitas maupun fakultas, dosen, staf akademik dan non akademik, juga kepada orang tua,

“Dari hati yang terdalam, kami mohon maaf apabila dalam kami berinteraksi dengan Bapak/Ibu pengelola Universitas maupun Fakultas serta seluruh sivitas akademika Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta terdapat kesalahan baik yang disengaja maupun tidak. Doakan kami semoga tetap melangkah dalam kebaikan. Demikian, yang dapat kami sampaikan, mohon maaf apabila ada  kata – kata yang kurang berkenan. Sejatinya kesempurnaan hanyalah milik Allah semata. Terima kasih,” pungkasnya. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.