Motivasi Mahasiswa Lanjutkan Studi ke Luar Negeri, UP45 Mitra Strategis UGM dalam Gelaran OEX 2021

YOGYAKARTA – Universitas Proklamasi 45 (UP45) menjadi strategic partnership dalam penyelenggaraan Overseas Education Expo 2021 (OEX 2021), yaitu pameran virtual yang diselenggarakan oleh Office of International Affairs Universitas Gadjah Mada (OIA-UGM).

Pameran virtual tersebut diselenggarakan pada tanggal 28 hingga 30 Mei 2021 kemarin. Pameran diikuti universitas luar negeri mitra UGM untuk berbagi informasi seputar universitas dan kegiatan akademik mereka, khususnya program pertukaran pelajar, kesempatan berkuliah di universitas tersebut dan program beasiswa.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Febriyanti Ginting,SPd,MSc mengatakan di masa pandemi, pameran virtual ini merupakan wadah mahasiswa, khususnya mahasiswa UP 45 untuk menambah wawasan tentang eksposur global. Terlebih, dengan adanya pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 lalu, mayoritas mobilitas internasional harus diberhentikan atau ditunda,

“Bagaimanapun dikemudian hari, kami berharap ketika situasi pandemi sudah melonggarkan mobilitas internasional, sehingga para mahasiswa dapat melanjutkan rencana mereka untuk studi di luar negeri.

Saya berharap melalui acara OEX ini akan ada mahasiswa UP45 yang melanjutkan study ke luar negeri,” katanya, Sabtu (03/07/2021).

Saat pelaksanaan OEX, Febri mengajak mahasiswa UP 45 untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang universitas luar negeri yang ada dalam acara sehingga akan memotivasi mahasiswa agar dapat melanjutkan studi di luar negeri.

Sementara itu, Direktur Kantor Urusan Internasional (KUI) UP 45, Rr.Putri Ana Nurani,SS,MM menyampaikan terimakasih kepada UGM, khususnya kepada Kepala OIA UGM I Made Andi Arsana, dan Project Officer OEX Rima Fadila Azizah,

“Virtual exhibition OEX 2021 ini bagi Universitas Proklamasi 45 merupakan upaya bersinergi dan mempererat kolaborasi baik dengan UGM, khususnya OIA tetapi juga dengan universitas mitra rekanannya,” tutur Putri.

Putri berharap dengan mengikuti OEX mahasiswa UP 45 secara langsung mendapatkan informasi program internasional terbaru dari berbagai universitas di seluruh dunia,

“Manfaat utama dari mengikuti OEX menurutnya adalah tumbuhnya motivasi mahasiswa untuk melaksanakan study abroad, serta mahasiswa memahami apa yang harus dipersiapkan sebelum melakukan study abroad,” imbuhnya.

Menurut Putri OEX selaras dengan arahan Dirjen Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng (Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) bahwa salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kegiatan kampus merdeka merdeka belajar adalah pertukaran mahasiswa,

“Tentunya pertukaran ini tidak hanya sebatas bersifat lokal, regional, nasional tapi global atau internasional.” sambungnya.

Putri yang juga sebagai Sekretaris Universitas Proklamasi 45, menyampaikan suksesnya acara berkat kerjasama yang baik secara eksternal didukung dengan dukungan kerjasama antara PDK dengan ADK melalui bidang kemahasiswaan. Putri juga berterimakasih kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr.Benedictus renny See,S.H.,S.E.,M.H. dan Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Febriyanti A.Ginting,S.Pd,M.Sc.

Sebagai informasi, dalam gelaran OEX, berbagai universitas mitra UGM dari berbagai belahan duinia turut berpartisipasi. Universitas yang berasal dari Asia antara lain  Kyushu University Japan, Tsukuba University Japan, National Chung Hsing University Taiwan, Jeonbuk National University South Korea, Universiti Malaya, Chulalongkorn University Thailand.

Universitas dari benua Eropa diantaranya Radbound University Netherland, University of Birmingham England, RTWH Aachen University German, Ghent University Belgium, University College Dublin Ireland. Sedangkan Universitas dati Timur Tengah beberapa diantaranya Anadolu University Turkey. Kemudian, dari Australia salah satunya Monash University, dan masih banyak lagi.

Seminar dalam rangkaian acara OEX mendapat antusiasme sejumlah mahasiswa UP 45. Anisa Nur Riswanti mengatakan, dengan diselenggarakannya OEX  ia sebagai mahasiswa menjadi lebih tahu bagaimana kuliah di luar negeri,

“Selain itu kita juga menjadi tau hal apa saja yang akan kita dapatkan dan harus persiapkan jika mau kuliah di luar negeri misal di Eropa. Tentunya seminar ini memberikan manfaat dan ilmu pengetahuan yg baru untuk kita sebagai mahasiswa Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Dian Pamukti. Menurutnya Program OEX 2021 sangat bagus karena dapat membantu mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri untuk bisa mendapatkan ilmu lebih banyak,

“Dengan adanya pertukaran pelajar juga secara tidak langsung bisa mengenalkan budaya kita dengan budaya negara lain. Melalui seminar yang diadakan sangat membantu untuk mengetahui informasi lebih dalam bagi mahasiswa untuk melanjutkan studinya ke luar negeri,” katanya diamini ketiga rekannya Alfilindawati Nuraini, Pipit Tri Handayani, dan Dian Fitriana. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.