Ditargetkan 100 Persen Warga Ber KTP Kota Yogyakarta Sudah Divaksin pada 17 Agustus 2021

YOGYAKARTA – Pnitia Khusus (Pansus) Covid-19 Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta menargetkan 100 persen warga ber KTP Kota Yogyakarta sudah menjalani vaksinasi pada peringatan kemerdekaan 17 Agustus 2021 mendatang.

Ketua Pansus Covid-19 DPRD Kota Yogyakarta, Antonius Fokki Ardiyanto S.IP menuturkan, Pansus akan mensukseskan pencanangan gerakan vaksinasi anak oleh Presiden Jokowi yang dilaksanakan oleh BIN Da bekerja sama dengan Dinkes Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dalam rangka peninjauan pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar usia 12 thn ke atas yang dilaksanakan pada Rabu 14 Juli 2021 di SMA 1 Kota Yogyakarta, kemarin, ia  juga menyempatkan diri melakukan perbincangan dengan Walikota Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dan Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam IX serta perwakilan dari BIN Da, Wahyu,

“Dari perbincangan secara non formal tentang penanganan covid19 di Kota Yogyakarta ada beberapa hal yang akan menjadi prioritas dan perhatian bersama yang terutama adalah adalah target dari Walikota Kota Yogyakarta yang didukung penuh oleh Pansus Covid19 DPRD Kota Yogyakarta bahwa akan memberikan kado terindah bagi republik ini yaitu bahwa 100% penduduk ber KTP Kota Yogyakarta sudah divaksin,” katanya kepada wartawan, Kamis (15/07/2021).

Fokki berharap, vaksinasi akan membentuk herd immunity sehingga kehidupan masyarakat di Kota Yogyakarta menjadi normal kembali. Untuk mewujudkan itu semua, kata Fokki, maka ada beberapa langkah yang secara komprehensif akan dilakukan.

Menurutnya, berdasarkan arahan dan diskusi dengan Walikota Kota Yogyakarta dan BIN Da serta Ketua Pansus Covid19 DPRD Kota Yogyakarta, maka langkah langkah yang akan dilakukan untuk percepatan tersebut adalah pelaksanaan vaksinasi berbasis wilayah (kalurahan) dengan merekrut 10 relawan vaksinasi di masing masing kalurahan,

“Dan pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan minggu depan,” ujarnya.

Langkah selanjutnya, mempercepat pelaksaan vaksinasi berbasis sekolah dengan melibatkan satgas atau relawan covid19 yang sudah dibentuk di masing masing sekolah. Kemudian, diadakan vaksinasi door to door yang melibatkan BIN Da dalam proses pelaksanaannya,

“Saat ini jumlah vaksin yang ada di Kota Yogyakarta sebesar 51 ribu dosis. Untuk mewujudkan target 100% warga ber KTP Kota Yogyakarta per tgl 17 Agustus 2021 sudah divaksin, Sri Paduka Paku Alam IX selaku Wakil Gubernur juga akan membantu penyediaan vaksin dari berbagai sumber yang ada. Disamping itu BIN Da juga akan terlibat aktif dalam penyediaan vaksin dan dimohon juga bantuannya untuk dapat menyiapkan gudang penyimpanan vaksin,” jelas Fokki.

Fokki mengungkapkan, di sisi lain di hadapan walikota dan pansus covid19 DPRD Kota Yogyakarta, Wagub Sri Paduka Paku Alam IX menyampaikan supaya RSUD bisa membeli alat pembuat oksigen sehingga meringankan beban permasalahan oksigen di Kota Yogyakarta. Sementara itu, BIN Da juga akan membantu untuk mendeteksi kalau ada penimbunan oksigen dan obat di wilayah Kota Yogyakarta,

 

“Dalam koordinasi non formal secara singkat kemarin Walikota Kota Yogyakarta Bapak Haryadi Suyuti juga telah memberikan instruksi kepada Assek Bidang Pemerintahan dan Umum Bapak Sisruwadi, Kepala Dinas Pendidikan Bapak Budi Waseso, Kepala Infokom Bapak Tri Hastomo, Komandan Satpol PP Bapak Agus dan Kepala BPPD Kota Yogyakarta untuk segera menindaklanjuti secara tehnis dari apa yang dihasilkan di pertemuan informal tersebut yaitu  100 petrsen warga Kota Yogyakarta sudah divaksin pada 17 Agustus 2021,” tutup Antonius Fokki Ardiyanto. (kt1)

Redaktur: Faisal

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com