Tim Alfarobi UGM Siap Perebutkan Gelar Juara dalam Divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia

Tim Alfarobi Universitas Gadjah Mada (UGM) siap memperebutkan gelar juara dalam divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 yang akan secara resmi di buka Kamis (14/10) di Graha Sabha Prama (GSP) UGM.

Ketua tim Alfarobi, Christophorus Galang Wijanarko menyampaikan pada KRI tahun ini timnya menargetkan dapat menyabet juara nasional divisi KRSBI Humanoid. Sebelumnya, tim Alfarobi dinyatakan lolos melaju ke KRI Nasional setelah meraih juara dua di KRI Wilayah I yang berlangsung pada 24-25 September 2021. Dalam KRSBI Humanoid mempertandingkan tiga kategori lomba yakni lomba lari, menggiri bola, serta kerja sama dua robot mmaskuan bola ke dalam gawang.

“Kami berharap bisa masuk tiga besar di semua kategori,” ucapnya, Rabu (13/10).

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh tim Alfarobi menghadapi KRI tingkat Nasional. Mereka nantinya akan bersaing secara ketat dengan tim-tim terbaik dari wilayah I dan Wilayah II untuk memperebutkan gelar juara nasional. Ada 13 tim yang dinyatakan lolos masuk ke babak final gelaran KRI Nasional 2021.

Christophorus mengatakan sejak dinyatakan lolos ke tingkat nasional, timnya secara intens melakukan simulasi agar bisa memperoleh tampilan terbaik saat kompetisi nantinya. Selain itu juga melakukan sejumlah perbaikan dan penyempurnaan robot sepak bola humanoid tersebut baik dari sisi hardware maupun software.

Tantangan saat ini,lanjutnya, karena sering simulasi menjadikan beberapa bagian robot cidera sehinga harus diganti dan dimantanance ulang. Sementara disisi lain kami dihadapkan pada minimnya suku cadang dan untuk pembelian butuh waktu lama dan biaya besar. Oleh sebab itu, timnya dituntut dapat mengelola suku cadang dengan baik supaya saat bertanding nantinya robot Alfarobi dapat tampil secara maksimal.

“Harapannya di KRI Nasional besok robot Alfarobi bisa tampil maksimal dan meraih juara,” harapnya. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *