UP 45 Turut Inisiasi Online Fall Program Visual Etnography 2021

YOGYAKARTA – Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP45) bekerjasama dengan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta dan Universitas Dhyana Pura (Undhira) Bali menggelar acara Online Fall Program bertema “Visual Etnography 2021”. 

Kepala Kantor Urusan Internasional Universitas Proklamasi 45 Rr.Putri Ana Nurani, SS,MM menuturkan, Etnografi Visual adalah metode penelitian yang memadukan teori dan praktik pendekatan visual untuk belajar dan mengetahui tentang dunia dan mengkomunikasikannya kepada orang lain. Kegiatan bertujuan untuk  internasionalisasi dan juga pelaksanaan MBKM. Namun demikian, kata Putri, kegiatan bertema “Visual Ethnography” tidak sekadar memberikan pengalaman internasional tetapi memberikan pembekalan, softskill, hardskill bahkan pembinaan karakter bagi mahasiswa untuk saling menghormati dan menghargai keanekaragaman budaya.

“Saya berharap Anda semua mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan membahagiakan. Melalui kegiatan ini akan meningkatkan kemampuan profesionalitas kita baik sebagai pembicara, maupun sebagai dosen pembimbing, selain itu mahasiswa akan mendapatkan ilmu yang berharga melalui materi yang diberikan, wadah forum diskusi, melalui short class ini mahasiswa bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat, kebudayaan, keragaman budaya  dan hikmah kebijaksanaan yang besar di balik penyelenggaraan kegiatan ini,” tuturnya, kemarin.

Acara Online Fall Program dibuka pada Senin, 1 November 2021 pukul 14.00 wib. Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr Benedictus Renny See,SH,SE,MH mewakili Rektor UP45 Ir. Bambang Irjanto, MBA menyampaikan sangat bangga dapat bersama dalam satu tempat di ruang Hagios Studio Multimedia UKDW bersama Rektor UKDW Ir. Henry Feriadi,MSc,Phd dan Rektor Undhira Bali Dr. I Gusti Bagus Rai Utama,SE,M,MA,MA, meski secara online.

Benny berharap program ini dapat lebih meningkatkan kerjasama antara ketiga pihak di masa mendatang. Dalam kesempatan tersebut, Benny juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Wakil Rektor dari ke tiga universitas dan khususnya kepada Kepala Kantor Urusan Internasional UP45 Rr. Putri Ana Nurani,SS,MM, Kepala Kantor Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Dr. Phil. Lucia D. Krisnawati dan Kepala Kantor Urusan Internasional dan Pusat Bahasa Ni Luh Christine P. Suyasa, BS.M.Par.

Sementara itu, Rektor UKDW Ir. Henry Feriadi,MSc,Phd, mengatakan, program ini di desain untuk mahasiswa, dengan membangun kerjasama melalui diskusi dan pertemuan,

Rektor Undhira Bali Dr. I Gusti Bagus Rai Utama,SE,M,MA,MA, fall program memberikan manfaat yang banyak serta keuntungan, baik dari segi ilmu dan pengetahuan, “Bukan itu saja bagi mahasiswa dan pembimbing belajar untuk berproses dan berkolaborasi untuk saling bisa memberikan manfaat tambahan,”.

Acara di buka dengan pemukulan gamelan (gong) di Yogyakarta dan di Bali oleh Rektor ataupun perwakilannya. Acara pembukaan juga dimeriahkan dengan penampilan Didik Ninik Thowok, maestro tari yang konsisten mengembangkan seni dan budaya Indonesia di dalam dan luar negeri. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.