Optimis Majukan Pendidikan Anak Usia Dini, Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman Akan Dikukuhkan

SLEMAN – Kelompok Kerja (Pokja) Ibu Pendidikan Anak Usia Dini ( Ibu PAUD) Kabupaten Sleman akan segera dikukuhkan. Pokja yang akan bertugas membantu melaksanakan program-program Ibu PAUD yang sekaligus Bupati Sleman, Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo tersebut terdiri dari berbagai unsur, baik pemerintahan maupun masyarakat. Rencananya Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman akan dikukuhkan pada 27 November 2021 mendatang di Pendopo Parasamya komplek Kantor Bupati Sleman Jl. Parasamya Beran Tridadi Sleman.

Guna mempersiapkan pengukuhan Pokja Ibu PAUD, Forum Pengembangan Anak Usia Dini (Forum PAUD), menggelar rapat koordinasi di ruang rapat sayap timur Rumah Dinas Bupati Kabupaten Sleman, Kamis (11/11/2021).

Ketua Forum PAUD Kabupaten Sleman, Haryanti, M.Pd mengatakan, rapat koordinasi diselenggarakan untuk membahas persiapan pengukuhan Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman. Rapat dihadiri Sekira 32 orang dari perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Organisasi Masyarakat (Ormas), dan Organisasi Mitra (Ormit) PAUD di Kabupaten Sleman. Diantaranya, dari Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kebudayaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas P3AP2KB, Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas PMK, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, Bappeda, Kominfo dan Humas Pemda, serta TP PKK Kabupaten Sleman, Aisyiyah Kabupaten Sleman, dan organisasi mitra PAUD Kabupaten Sleman seperti Forum PAUD, HIMPAUDI dan IGTKI,

“Dalam rapat koordinasi hari ini, kita menyampaikan tujuan dan fungsi dari Pokja Ibu PAUD, kemudian menyiapkan susunan pengurus Pokja, selanjutnya kita membahas teknis pelaksanaan pelantikan,” tuturnya seusai rapat.

Haryanti mengatakan, rangkaian acara pelantikan yang akan dilaksanakan pada 27 November 2021 pukul 09.00 Wib, diawali dengan rapat kerja terlebih dahulu untuk merumuskan atau menyusun program kerja sesuai dengan bidang masing-masing,

“Jadi sebelum pelantikan kita rapat pleno, setelah itu kita gladi bersih, dan selanjutnya pelantikan pukul 13.00 Wib. Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo sebagai Bupati sekaligus Ibu PAUD Kabupaten Sleman yang akan melantik. Harapannya GKBRAA Paku Alam selaku Ketua Pokja Ibu PAUD DIY juga bisa hadir untuk memberikan semangat motivasi dan arahan untuk kita semua. Program-program yang akan kita jalankan nanti mungkin bisa ditambah oleh beliau,” kata Haryanti.

Haryanti menambahkan, seusai pelantikan masih akan dilanjutkan pematangan program kerja, jika ada arahan atau tambahan dari Ketua Pokja Ibu PAUD DIY. Hal itu menurutnya perlu dilakukan agar program Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman benar-benar bisa selaras dengan tema dan visi Pokja Ibu PAUD DIY, yaitu Berkarakter dan Berbudaya,

“Saya optimis Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman bisa berjalan dengan baik dan kompak. Itu karena Saya melihat kehadiran peserta rapat koordinasi hari ini sudah 90%. Kemudian, antusiasme peserta rapat yang terlihat dari banyaknya respon positif terbentuknya Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman. Beliau – beliau juga peduli, mau terbuka serta bersedia diajak kerjasama,” Ujar Haryanti.

Akademisi UNY, Nur Cholimah, M.Pd, yang turut hadir dalam Rakor mengatakan siap mengemban amanah dalam Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman. Menurutnya, kehadiran calon pengurus Pokja PAUD Kabupaten Sleman dalam Rakor sudah menunjukkan kontribusi langsung untuk memikirkan PAUD di Kabupaten Sleman,

“Hari ini kami mensolidkan calon pengurus Pokja PAUD, memantapkan diri bahwa ketika kita nanti dilantik betul-betul akan membawa amanah dengan melaksanakan program kerja dalam Pokja Ibu PAUD Kabupaten Sleman. Harapannya semua yang hadir nantinya akan semakin memberikan kontribusi terbaiknya untuk PAUD di Kabupaten Sleman, sehingga PAUD di Kabupaten Sleman akan lebih optimal dari berbagai aspek, terutama di aspek pertumbuhan dan perkembangan,” harap Nur Cholimah. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.