Atlet UKM Taekwondo UP 45 Sabet Tiga Medali dalam Kejuaraan Dunia World Changmookwan Championship 2021

YOGYAKARTA – Atlet dari Unit Kegiatan Mahasiawa (UKM) Taekwondo Universitas Proklamasi 45 (UP45) Yogyakarta kembali mengukir prestasi di kancah internasional. Tiga atlet UKM Taekwondo UP 45 yang bertanding dalam Kejuaraan Dunia, World Changmookwan Championship 2021 Korea Selatan, berhasil memboyong tiga medali sekaligus.

Ketiganya adalah Fatkhul Aziz AlMufazid S. Psi, Alumni Psikologi UP 45 Yogyakarta yang menyabet Medali Emas untuk kategori Putra. Kemudian, Putri Wulandari, mahasiswa Fakultas Psikologi, sebagai peraih Medali Perak untuk Kategori Putri. Terakhir, Risna Puji Nugraheni, dari Fakultas Manajemen yang dikalungi Medali Perunggu untuk kategori Putri. Prestasi ketiga atlet tersebut mendapat apresiasi dari Universitas.

Sekretaris Universitas Proklamasi 45 Rr. Putri Ana Nurani,SS,MM mengatakan kejuaraan World Changmookwan Championship 2021 diikuti oleh 809 peserta, 129 team dari 30 Negara. Menurutnya prestasi yang diraih atlet dari UKM Taekwondo UP 45 tersebut membanggakan Indonesia,

“Mahasiswa Universitas Proklamasi 45 berjuang sebagai atlet yang mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia,” tuturnya dalam keterangan pers, Senin (15/11/2021).

Putri menjelaskan, Taekwondo Changmookwan merupakan perguruan Taekwondo tertua di Korea yang berdiri sejak tahun 1946. Perguruan ini sangat dihormati oleh seluruh klub Taekwondo di Korea, bahkan di dunia,

“Tentu saja untuk meraih juara tidak mudah, namun atlet-atlet dari Unit Kegiatan Mahasiswa Taekwondo Universitas Proklamasi 45, berhasil menjadi juara. Kami turut bangga,” imbuh Putri.

Anggi Laksmana, SPsi selaku Pelatih yang juga alumnus Fakultas Psikologi UP 45 mengatakan, kejuaraan World Changmookwan Championship 2021 mempertandingkan kategori dari pra kadet, kadet dan junior individual putra putri, senior putra/putri, pair senior putra/putri, kelas Under 30, 40, 50, 60 dan 65 serta exhibition.

Kegiatan dilaksanakan secara online melalui kanal YouTube. Proses penilaian yang dilakukan dipusatkan di Korea Selatan.

Peserta mengirimkan video kepada panitia dimulai sejak tanggal 27-28 Oktober 2021. Penilaian semua kategori dilaksanakan selama 2 hari berturut yaitu pada tanggal 6-7 November 2021,

“UKM Taekwondo Universitas Proklamasi 45 terus berkembang dengan semangat Kejuangan 45. Prestasi yang diraih berkat dukungan Universitas dan latihan keras para atlet. Mudah mudahan UKM Taekwondo UP 45 akan mempertahankan dan terus meningkatkan prestasi baik nasional maupun internasional,” harapnya.

Fx. Wahyu Widiantoro,SPsi,MA selaku pembina UKM Taekwondo UP 45 yang juga Dekan Fakultas Psikologi mengatakan turut bangga dengan prestasi yang diraik para atlet. Hal itu menurutnya juga sebagai kado istimewa di Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November,

“Kita punya darah patriot yang mengalir di badan kita, yang tidak mudah menyerah dan yang tidak mudah mengatakan ‘saya kalah’. Selamat, terus berprestasi, terus berkarya nyata dan selamat Hari Pahlawan 10 November 2021,” pungkasnya. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.