Tim SEMAR UGM Sabet Dua Gelar Juara Kontes Mobil Hemat Energi 2021

YOGYAKARTA – Tim Semar UGM berhasil menyabet dua gelar juara  dari Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 yang digelar secara hybrid di Sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya pada tanggal 15-20 November 2021. Dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Puspresnas Kemendikbudristek ini tim SEMAR UGM memperoleh juara 1 dalam kategori Proto Listrik dan juara 1 untuk kategori lomba Eco Fun Race.
 
General Manager Tim Semar UGM Hendra Widyatmoko mengatakan  pada KMHE tahun ini tim SEMAR UGM mengirimkan mobil Proto Listrik, yaitu mobil pada kategori prototipe yang menggunakan motor listrik berdaya rendah dengan controller super efisien.
 
 “Alhamdulilah, keikutsertaan tim Semar pada event KMHE 2021, mulai kegiatan seleksi proposal, scrutineering dan race berjalan lancar dan berhasil meraih juara 1 dari dua kategori lomba” ungkap mahasiswa Teknik Mesin Angkatan 2019 ini, Senin (22/11).
 
Tim SEMAR UGM dengan mobil Proto Electric-nya mampu memperoleh juara 1 dalam kategori Proto Listrik dengan capain mileage 644,77 km/kwh. Capaian ini sekaligus memecahkan rekor baru untuk kawasan Asia Pacific yang selama ini dicapai oleh Tim HuaQi-EV dari China dengan capain 501,6 km/kwh. Selain itu mobil Proto Electric Tim Semar juga menjadi juara 1 untuk kategori lomba Eco Fun Race, yaitu lomba yang tidak hanya menilai sisi kehematan energi, tetapi juga kecepatan kendaraan.
 
“Tim Semar UGM mengucapkan terima kasih atas bantuan pihak internal UGM, mulai dari Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik dan Kantor Pusat UGM, serta pihak-pihak eksternal yang turut mensupport yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu,” katanya.
 
Sementara dosen pembimbing tim SEMAR UGM, Dr. Jayan Sentanuhady menyampaikan prestasi yang diraih tim SEMAR UGM tidaklah didapat dengan mudah. Dibalik itu terdap proses panjang hingga tiga tahun dalam pengembangan mobil mulai dari desain, pembuatan, hingga race. Bahkan hingga melibatkan tiga angkatan tim SEMAR. Namun dengan kerja sama yang baik antar angkatan bisa menghantarkan tim meraih prestasi dalam kontes mobil hemat energi nasional.
 
KMHE 2021 merupakan perlombaan mobil hemat energi bagi mahasiswa di berbagai perguruan tinggi Indonesia yang rutin diadakan Puspresnas Kemendikbudristek. Pada kompetisi kali ini diikuti oleh 24 tim dari 24 perguruan tinggi yang berlaga pada dua kategori yaitu Urban dan Prototipe. (pr/kt1)
 
Redaktur: Faisal
 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com