Kamis, 02/12/2021 21:18 WIB | Dibaca: 193 kali

PLN Akan Bangun CSR Desa Jaya Batik di Kulonprogo dan Bantul


Jajaran Pimpinan PT. PLN (Persero) UID Jateng-DIY saat audiensi dengan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. Foto: ist

YOGYAKARTA – PT. PLN (Persero)  UID Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Jateng  dan DIY) berencana membangun CSR Desa Jaya Batik di dua desa di Wilayah DIY, yaitu di Kalurahan Srikayangan, Kapanewon Sentolo, Kulon Progo dan di Kalurahan Mangunan, Kapanewon Dlingo, Bantul. 

General Manager (GM) PT PLN (Persero) UID Jawa Tengah dan DIY, M. Irwansyah Putra mengungkapkan program CSR Desa Jaya Batik di DIY sebagai bentuk penghargaan atas dukungan yang telah diberikan oleh Pemerintah Daerah (PEMDA DIY) terhadap program-program PLN. Atas dukungan tersebut, kata dia,  PT PLN (persero) UID Jateng dan DIY bisa tampil di ajang nasional, internal PLN. Diantaranya  dalam Penghargaan Wirausaha Tangguh 2021 melalui Ketua Kelompok Tani Pasir Makmur Bantul, Sumarna sebagai pejuang kelistrikan dengan sistem electrifying agriculture yakni, tanam cabai di lahan pasir,

“Selain itu PT PLN (Persero) UID Jateng dan DIY juga berhasil masuk sebagai nominasi pemenang Corporate Sosial Responsibility (CSR)” ungkapnya seusai audiensi dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (02/12/2021).  

Ia menambahkan, dalam melaksanakan CSR, PLN selalu melihat potensi daerah yang akan dikembangkan dengan menggali,  mengkaji dan melakukan evaluasi,

“Diharapkan agar bantuan itu nantinya tepat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh daerah tersebut. Kami akan terus  berkoordinasi dengan Pemda DIY khususnya terkait pelaksanaan CSR,” kata Irwansyah .

Ahmad Mustaqir menambahkan, apa yang disampaikan oleh Gubernur DIY terkait program Pemerintah Daerah D.I. Yogyakarta, termasuk lokasi-lokasi desa yang saat ini sedang dikembangkan oleh Pemda DIY antara lain yakni, Desa Nguyahan, Gunungkidul sebagai sentra produksi garam ternyata sejalan dengan program dari PLN, yakni memberi support, mendorong kepada mereka agar beralih menggunakan listrik yang sebelumnya masih menggunakan energi dari genset. PLN memberikan support listrik kepada tiap desa, khususnya desa yang memiliki potensi lokal agar lebih berkembang dan maju.  

Manager UP3 PLN Yogyakarta yang baru, Ahmad Mustaqir berharap  sinergi yang baik antara PT PLN (Persero) UID Jateng DIY dengan Pemda DIY bisa terus berjalan dan ditingkatkan. Mustaqir yang sebelumnya bertugas di PLN ULP Cilacap Kota juga berharap PLN bisa terus mendukung secara langsung maupun tidak langsung apa yang menjadi program-program dari Pemda DIY.

Saat menerima kunjungan GM PT PLN (Persero) UID Jateng dan DIY beserta jajaran, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi Asisten Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Tri Saktiyana. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

 

Berita Terkait

 





Baca Juga