Begini Langkah Pemda DIY Antisipasi Penyebaran Varian Omicron

YOGYAKARTA – Pemerintah pusat telah memastikan varian Omicron telah masuk ke Indonesia. Sebagai langkah antisipasai Pemerintah Daerah – Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda-DIY) menyiapkan berbagai langkah preventif. 

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menuturkan, ada tiga hal yang perlu ditingkatkan dan diwaspadai. Pertama, memastikan berjalannya protokol kesehatan dengan pengawasan, kontrol lapangan terutama pada daerah atau tempat yang memiliki interaksi tinggi,

“Baik itu di mal atau pertemuan-pertemuan yang menimbulkan kerumunan,” tutur Sri Sultan seusai mengikuti video conference Pengarahan Presiden RI, Kamis (16/12/2021) siang.

Selain meningkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan protokol kesehatan, percepatan vaksinasi juga harus dilakukan guna pencegahan penyebaran varian baru Covid-19 ini.

Menurut Sri Sultan, untuk memudahkan pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan tatap muka terbatas, meskipun Sabtu nanti siswa sudah memasuki libur sekolah. Hal itu menurutnya agar proses vaksinasi masih bisa dikontrol,

“Sebab jika libur nanti kita kesulitan proses vaksinasi dan tidak bisa kontrol,” tuturnya.

Sri Sultan menjelaskan, paya selanjutnya perlu dilakukan testing dan tracing kontak erat. Sebab, potensi masuknya Omicron adalah dari orang luar yang masuk ke DIY. Menurutnya, meskipun identifikasi varian harus dilakukan melalui tes laboratorium, tapi testing dan tracing akan dilakukan sesuai standar yang sudah ditetapkan pemerintah. 

Sri Sultan juga memastikan akan mengecek ketersediaan obat dan oksigen di rumah sakit. Meskipun DIY telah mampu memproduksi, jika diperlukan atau kebutuhan tinggi, pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan akan mengupayakan dari luar.

“Untuk shelter, kemungkinan akan dibuka shelter milik Dinas Sosial dan PU sebab bed dan sebagainya masih ada, hanya perlu menyiapkan tenaga kesehatan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo saat memberi pengarahan kepada kepala daerah, Pangdam dan Polda se-Indonesia menginstruksikan agar setiap daerah tidak lengah dan waspada akan penyebaran varian baru ini,

“Saya ingatkan jangan lengah, setiap rumah sakit disiapkan, cek oksigen serta obat,”tegas Presiden Joko Widodo. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.