Online Fall Program Tingkatkan Profesionalitas Serta Kapabilitas Dosen dan Mahasiswa UP 45 dalam Penguasaan VE

YOGYAKARTA – Rektor Universitas Proklamasi 45 (UP 45) Yogyakarta, Ir. Bambang Irjanto, MBA mengungkapkan kegiatan Online Fall Program 2021 tidak hanya membangun program yang baik tetapi juga untuk membangun lingkungan akademik di Perguruan Tinggi yang terlibat di dalamnya. 

Menurut Bambang, program bersama antara UP 45, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, dan Universitas Dhyana Pura (Undhira) Bali tersebut memberikan pengalaman internasional bagi mahasiswa sebagai peserta. Selain itu, Fall Program juga bisa meningkatkan profesionalitas para dosen dan kapabilitas atau kemampuan Mahasiswa dalam penguasaan Visual Ethnography (VE),

“Saya yakin selama satu bulan ini pengalaman menyenangkan dan penuh pembelajaran. Dan ini menjadi cara untuk mengembangkan diri secara profesional baik bagi para pembicara dan juga para pembimbing. Mahasiswa juga beruntung karena dapat merasakan atau bekerja sama dalam lingkungan internasional dan terlibat dalam proses belajar antar budaya ini. Saya yakin, sekarang peserta memiliki pengetahuan dari para pembicara secara metodologis dan terstruktur dari Etnografi Visual,” tuturnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis (23/12/2021).

Bambang menjelaskan, dalam Online Fall Program, peserta diasah kemampuannya dalam menggunakan media sosial dan pengetahuan jurnalisme. Selain itu, peserta juga diberikan bekal kemampuan  untuk mempraktekkan presentasi pecha kucha, cara menghasilkan video, dan lain-lain,

“Dalam tugas akhir ini mahasiswa diberikan pelatihan dan tantangan untuk mampu menghasilkan project akhir bersama satu tim dan  tentunya membuat mahasiswa harus memiliki toleransi dengan orang lain yang memiliki kebiasaan dan cara hidup yang berbeda. Jadi, ketika mahasiswa memiliki kemampuan kreatif, maka harapannya mereka akan berusaha berbuat sesuatu  untuk hal yang baik untuk dirinya sendiri dan masyarakat,” imbuhnya

Acara Online Fall  Program menurut Bambang juga tidak sekadar memberikan kuliah untuk mahasiswa agar bagaimana bisa menangkap kebiasaan dan cara hidup, tetapi juga untuk membangun kompetensi mahasiswa untuk memanfaatkan dan meningkatkan keterampilan untuk memecahkan masalah dalam kelompok, sehingga diperlukan kolaborasi dan komunikasi,

“Last not but least, saya yakin acara ini dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa karena melalui bimbingan dosen, diskusi dalam forum, dan kelas singkat,  mahasiswa mendapatkan wawasan baru dalam menangkap kebiasaan dan cara hidupnya. Terima kasih semua panitia penyelenggara dan peserta,” imbuhnya.

“Harapan kedepannya program ini dapat diselenggarakan dengan topik yang sama atau lebih menarik lainnya, sehingga menjadi perbaikan terus-menerus untuk membangun kerjasama di seluruh bidang,” harap Bambang saat menyampaikan sambutan dalam acara penutupan Online Fall Program 2021 pada 29 November kemarin.

Hadir dalam acara Penutupan Fall Program diantaranya adalah Sekretaris UP 45 sekaligus Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UP 45, Rr.Putri Ana Nurani,SS,MM; Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Febriyanti A. Ginting, SPd,MSc; Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Benedictus Renny See, SH,SE,MH. Hadir juga para Dekan, Kaprodi, perwakilan yayasan, dosen pembimbing, dan mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini.

Untuk diketahui, Online Fall Program bertajuk “Visual Ethnography” dimulai sejak  1 November 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai kegiatan mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kegiatan diikuti perwakilan peserta dari berbagai negara antara lain India, Jerman, Filipina, Thailand, Timor Leste dan Indonesia.

UP 45 sebagai salah satu penyelenggara kegiatan Online Fall Program berperan aktif dalam mensukseskan kegiatan tersebut. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 

.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.