2022 Semakin PASTI dan BerAkhlak, UPT Pemasyarakatan di DIY Diminta Terus Tingkatkan Layanan WBP


Kadivpas Kanwil Kemenkumham DIY, Gusti Ayu Putu Suwardani saat kunjungan di Rutan Kelas II A Yogyakarta, Rabu (05/01/2022). Foto: ist

YOGYAKARTA –  Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta (Kanwil Kememenkumham DIY), terus meningkatkan kulitas layanan Unit Pelaksana Teknis (UPT) pemasyarakatan.

Mengawali kegiatan awal tahun 2022, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Gusti Ayu Putu Suwardani melaksanakan kunjungan ke  Rutan Kelas IIA Yogyakarta  dan Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta, Rabu (05/01/2021).

“Kunjungan ini dilaksanakan untuk meninjau kesiapan UPT dalam melaksanakan tugas dan fungsi di awal tahun anggaran 2022,” ungkap gusti Ayu kepada wartawan, Rabu (05/01/2021).

Dalam kunjungannya di Rutan Kelas IIA Yogyakarta, Gusti Ayu mengawali dengan melakukan sidak atau mengontrol di dapur, guna memastikan pemenuhan kebutuhan makanan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Yogyakarta terpenuhi sesuai aturan yang berlaku.

“Saya berpesan kepada petugas dapur untuk tetap memprioritaskan kualitas bahan makanan untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta kebersihan dapur agar kesehatan dan hygiene makanan tetap terjaga,” ucapnya.

Dalam Kunjungannya Gusti Ayu juga memimpin Apel Pagi di Rutan Yogyakarta. Dalam amanatnya, Gusti Ayu mengingatkan kembali akan strategi 'Back To Basic', yang artinya seluruh pertugas harus melaksanakan tusi sesuai SOP yang ada,

"Terima kasih atas kinerja yang luar biasa di tahun 2021. Saya berharap, Rutan Yogyakarta bisa lebih produktif dan berprestasi lagi, serta bisa meraih predikat WBBM. Tetap semangat menyongsong Tahun 2022, Kumham Semakin PASTI dan BerAkhlak," tutur Gusti Ayu.

Usai pelaksanaan apel, Gusti Ayu memberikan penguatan tugas dan fungsi kepada seluruh pejabat struktural Rutan Yogyakarta. Kegiatan kemudian ditutup dengan sidak/kontrol oleh Tim Divisi Pemasyarakatan ke wisma hunian untuk berdialog lngsung dengan WBP terkait pemenuhan hak dan kebersihan serta kerapihan wisma hunian, serta pelayanan-pelayanan yang diberikan di Rutan Yogyakarta.

Setelah kunjungan di Rutan Yogyakarta, Gusti Ayu langsung bertolak ke Sleman mengunjungi Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta. Ia memimpin Apel Siang jajaran Lapas Narkotika Yogyakarta.

Sebelum pelaksanaan Apel Siang, Gusti Ayu bersama para pejabat Divisi Pemasyarakatan mendapatkan informasi update kondisi dan situasi Lapas Narkotika Yogyakarta dari Kepala Lapas Narkotika Yogyakarta,

“Berdasarkan laporan tersebut, Lapas Narkotika Yogyakarta dalam kondisi aman, tertib, dan terkendali,” ujarnya.

Gusti Ayu juga menyampaikan apresiasi atas kinerja dan perubahan Lapas Narkotika Yogyakarta yang menjadi semakin baik. Ia berpesan agar seluruh petugas bisa mempertahankan Lapas Narkotika Yogyakarta yang BERSINAR HATINYA (Bersih dari Narkoba, HP, dan Piranti Lainnya).

"Pertahankan Lapas Narkotika Yogyakarta sebagai Lapas yang BERSINAR HATINYA, karena itu merupakan ikon kebanggaan kita bersama," pinta Gusti Ayu.

Gusti Ayu juga berpesan pada jajaran Lapas Narkotika Yogyakarta untuk mempertahankan kebersihan, kerapian, dan kedisiplinan di Lapas tersebut. Ia juga menegaskan kepada jajaran Lapas Narkotika Yogyakarta untuk bisa mempersiapkan kembali Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

"Terima kasih atas kinerja yang luar biasa dari jajaran Lapas Narkotika Yogyakarta. Harapan di Tahun 2022 ini, semoga bisa lebih semangat lagi dalam berkontribusi positif kepada organisasi," tutup Gusti Ayu. (rd2/hen)

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga