Kontes Liga Fancy Guppy Bagian Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional

YOGYAKARTA-Keluarga Mahasiswa Ilmu Perikanan (KMIP) UGM dan Kelompok Studi Ikan Hias dan Aquaspace (IHA) UGM menggelar Kontes Liga Fancy Guppy Nasional. Kontes telah berlangsung pada 12-13 Februari 2022 lalu di Pendapa Manggala Parasamya II, Komplek Pemda Bantul, Daeeah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Event tersebut diselenggarakan sebagai rangkaian acara Fisheries Week UGM 2022 yang berkolaborasi dengan komunitas Bantul Fancy Guppy (BFG). Kontes ini merupakan pembuka dari Liga Fancy Guppy Nasional yang baru diresmikan oleh Fancy Guppy Indonesia pada 2022.

Presiden Fancy Guppy Indonesia, Rularto Al-Khalifi mengatakan kontes tersebut diadakan sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi nasional dengan optimalisasi sektor perikanan di era pandemi.

Pada tahun 2022 kontes ikan guppy dengan konsep liga pertama kali diadakan di Indonesia yang akan diadakan sebanyak 10 putaran kontes dalam satu tahun.

“Kontes Liga Fancy Guppy yang diselenggarakan oleh teman teman Perikanan UGM dan BFG ini juga menjadi pembuka atau putaran pertama Liga Fancy Guppy Nasional 2022″, terangnya.
Sistem penilaian yang digunakan pada kontes ini adalah Fancy Indonesia Scoring System (FISS) yang diadaptasi dari sistem penilaian internasional. 

Adapun jumlah kelas kontes yang dilombakan yaitu sebanyak 24 kelas dalam empat kategori yaitu Delta Tail Class, Middle Delta Tail Class, Juve Delta Tail Class, dan kelas bebas.
Pada rangkaian kontes ini juga diselenggarakan talkshow sebagai bentuk interaksi antara penyelenggara, juri, peserta, dan pengunjung kontes.

Talkshow pada hari pertama (12/02) dilakukan sebagai pengenalan Fancy Guppy Indonesia, Liga Guppy Indonesia, dan Fisheries Week.
Narasumber talkshow adalah Presiden Fancy Guppy Indonesia, Ketua Panitia Liga Guppy Nasional 2022, dan Ketua Panitia Fisheries Week. Sedangkan pada hari kedua (13/02) dilakukan talkshow dengan para juri yaitu Beni Seti Aji, Pandu, Leonardo, Alvin Huang, dan Rizky AR.

Selain menyelenggarakan Kontes Liga Guppy Nasional, pada Fisheries Week UGM 2022, KMIP UGM juga menyelenggarakan National Essay Competition, Seminar Perikanan, dan Pasar Rakyat. (pr/kt1)

Redaktur:Faisal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.