Pelatihan Las Upaya Maksimal Membantu Integrasi WBP

Yogyakarta – Upaya membantu klien pemasyarakatan kembali ke masyarakat secara utuh merupakan agenda utama kegiatan Balai Pemasyarakatan(Bapas) Kelas I Yogyakarta, tahun ini kali kedua Bapas Kelas I Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan bagi klien pemasyarakatan yang diselenggarakan di Aula Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta, Senuko, Sidoagung, Godean, Sleman, Rabu (30/03/2022). Pelatihan dilaksanakan mengacu pada DIPA Bapas Kelas I Yogyakarta Tahun Anggaran 2022 dengan mengandeng Bengkel Las Restu Mulia dan Usaha Jasa Las Mekar Tobratan ini diikuti oleh lima belas klien pemasyarakatan.

Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Bapas Kelas I Yogyakarta Cahyo Dewanto, dalam sambutannya ia menyatakan bahwa setiap klien pemasyarakatan harus minimal mempunyai satu kemampuan ataupun ketrampilan yang dapat menjadi bekal penghidupan. “Harapan pihak kami bahwa klien pemasyarakatan dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, untuk memberikan support ekonomi dan bisa kembali ke masyarakat dengan seutuhnya.

Ditemui usai kegiatan ketua panitia kegiatan Kepala Sub seksi bimbingan kerja, Eko Prasetyo menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan keterampilan  atau Keahlian di bidang tehnik pengelasan dimaksudkan menjadi sarana silahturahmi antara pegawai bapas, Klien Pemasyarakatan,serta Pokmas Lipas, masyarakat dan untuk memberikan bekal keterampilan dan kemandirian kepada klien Pemasyarakatan.

Salah satu peserta pelatihan, Yatno(nama samaran) mengungkapkan rasa puasnya setelah mengikuti kegiatan pelatihan las. “Awalnya saya merasa ini akan sulit dilakukan tapi ternyata sangat mudah, terimakasih kepada Bapas Kelas I Yogyakarta yang telah melibatkan saya dalam pelatihan ini,” ungkapnya.

“seperti disampaikan oleh kepala Bapas bahwa untuk kembali kemasyarakat seutuhnya klien pemasyarakatan memerlukan bekal sehingga setelah berada di tengah-tengah lingkungan masyarakat dapat menghidupi dan memperbaiki ekonomi klien serta keluarganya disamping dapat berperan aktif dalam pembangunan di masyarakat. Tehnik pengelasan merupakan ketrampilan yang sangat laku ditengah perkembangan zaman yang sangat dinamis dan dapat dikembangkan secara luas untuk kehidupan manusia” tutupnya.(Die)

Redaktur : Hennyra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.