Mantapkan Sebagai The University of Petroleum, UP 45 Terbuka Terima Kunjungan Studi Tour Sekolah

YOGYAKARTA – Menghadapi era globalisasi, sekolah atau lembaga pendidikan untuk mempersiapkan para siswanya agar menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, memiliki Skill (kemampuan) dan kemampuan untuk menjadi tenaga kerja yang professional, serta melek teknologi, tak terkecuali teknologi pengolahan energi masa depan.

Sebagai Perguruan Tinggi yang memiliki tag line “The University of Petroleum”, Universitas Proklamasi 45 (UP 45) Yogyakarta terbuka untuk menerima kunjungan mitra industri maupun siswa Sekolah, baik SMA maupun SMK dari dalam maupun luar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), untuk kegiatan study tour atau study banding maupun kerjasama.

Sekretaris UP 45, Rr. Putri Ana Nurani, SS, MM menuturkan, UP45 Yogyakarta belum lama ini menerima kunjungan dari SMK Negeri 1 Tulung Selapan Sumatera Selatan yang melaksanakan study tour di Yogyakarta. Dalam kunjungan yang dilaksanakan pada Senin (21/03/2022) tersebut, UP 45 diminta berkontribusi dalam pengembangan kurikulum SMK Negeri 1 Tulung.

“Kunjungan ini menjadi salah satu kegiatan pembelajaran di luar lingkungan sekolah untuk menambah wawasan siswa dan untuk melihat secara langsung kondisi industri atau perguruan tinggi yang sesuai dengan program keahlian mereka,” tutur Putri, Jumat (22/04/2022).

Putri menjelaskan, SMK Negeri 1 Tulung Selapan memiliki komitmen yang sama dengan UP 45 yaitu menyiapkan generasi unggul yang menguasai teknologi khususnya terkait pengelolaan dan pengolahan energi masa depan. Oleh karenanya, kunjungan juga bertujuan untuk memperkenalkan siswa kepada UP 45 yang memiliki fakultas dan jurusan yang relevan dengan pembelajaran di SMK Negeri 1 Tulung Selapan.

“Dengan mengikuti kunjungan industri ini akan bermanfaat untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan dorongan semangat dalam melaksanakan proses Belajar Mengajar di sekolah. Bukan itu saja, selain memberikan kontribusi terkait kurikulum, melalui kunjungan ini juga akan memberikan pengalaman langsung kepada siswa tentang dunia kerja atau dunia industri, diantara yang selama ini diajarkan dan dikembangkan di UP 45,” terang Putri.

Saat kunjungan, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tulung Selapan, Agung Jatmiko, S.Pd., M.Si. mengungkapkan, SMK Negeri 1 Tulung Selapan merasa sangat bangga dan terhormat diberikan kesempatan berkunjung ke UP 45. Ia juga merasa terkesan dengan sambutan yang hangat dan ramah dari segenap pimpinan universitas,

“Terlebih sekarang study tour kunjungan ke industri atau universitas di masa pandemi ini agak sulit. Kami sangat berterimakasih kepada UP 45 Yogyakarta,” ungkapnya.

Agung berharap dengan kunjungan ke UP 45, siswa-siswi SMK Negeri 1 Tulung Selapan dapat meraih cita-citanya dengan melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya khususnya di UP 45 Yogyakarta yang memiliki 9 program studi (Prodi) pilihan, yaitu Prodi Teknik Perminyakan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Teknologi Informasi, Prodi Manajemen, Prodi Hukum, Prodi Administrasi Publik dan Prodi Psikologi.

“UP 45 memiliki Fakultas dan Prodi (Program Studi) yang relevan dengan yang diajarkan di SMK Negeri 1 Tulung. Mudah-mudahan dengan siswa berkunjung langsung ke UP 45 ini, nantinya menambah semangat untuk melanjutkan kuliah untuk mematangkan ilmu yang didapatkan di sekolah,” harap Agung yang dalam kunjunganya didampingi Wakakesiswaan Hadi Mandala, S.Pd., Wakasek bidang Humas Herman Prengy, Kaprog TBSM Yeyenti,S.Pd., Kaprop Administrasi Perkantoran, Boyke Hapiler,S.Kom dan Kaprog TKJ Teris Eprisandi.

Dalam acara Kunjungan SMK Negeri 1 Tulung tersebut dimeriahkan dengan berbagai games dan ice breaking untuk mencairkan suasana agar siswa lebih merasa enjoy saat mengikuti acara dialog dengan para Kaprodi UP45 yang turut hadir menyambut. Dalam sesi dialog, Peserta juga antusias dan aktif bertanya kepada Kaprodi yang menyampaikan pemaparan tentang Prodi-Prodi yang ada di UP 45.

Beberapa Kaprodi yang hadir antara lain Enda Apriani,ST,MEng, Sapriani Agustina,SKom,MKom, HB Sukarjo,ST,MEng,Niken Widyastuti,SE,MM,Bresca Merina, S.IP.,M.Ec Dev,Lucia Wahyuningtyas SH, MKn, M.Novriansyah Arindhito,SPd,MSc,dan Lia Yunita,ST,MPd, MT.

Dalam sambutannya Rektor UP 45, Dr. Benedictus Renny See, SH., SE., MH. menyambut baik kegiatan kunjungan SMK Negeri 1 Tulung Selapan. Ia berharap, setelah berkunjung ke UP 45, para siswa bisa mendapatkan pengetahuan baru, inspirasi serta semangat untuk melanjutkan pendidikan dan berkuliah di UP 45.

Turut Hadir mendampingi rektor dalam kesempatan tersebut diantaranya BPH Yayasan UP45, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaaan yang juga Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Nuralam, SE., M.Si, Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja sama Febriyanti Angelia Ginting, S.Pd, MSc. Dekan Fakultas Teknik Dr. Sugeng Riyono,M.Phil, Dekan Fakultas Hukum  Dr. Agoes Parera, S.E., S.H., M.M., M.H., AAAIJ., CFP., Dekan Fisipol Syamsudin, S.Pd., MA., dan seluruh Kaprodi di Lingkungan Universitas Proklamasi 45. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.