Sejarah Baru, Mapala Galaksi UP 45 Pertama Kalinya Dipimpin Perempuan dari Hasil Pemilu

YOGYAKARTA – Ketua Umum (Ketum) Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Galaksi  Universitas Proklamasi 45 (UP 45) Periode 2022-2023 resmi dijabat oleh Gloria Estevania, Mahasiswa Fakultas Teknik pada Prodi Teknik Lingkungan. Gloria mencatat sejarah sebagai perempuan yang menjabat Ketum Galaksi 45 yang sudah merayakan dies natalisnya yang ke 38 tahun ini.

Gloria terpilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Galaksi 45 sebagai rangkaian agenda Musyawah Besar Pengurus Galaksi 45 Periode 2021-2022 yang dilaksanakan sejak tanggal 8 hingga 11 April 2022, di basecamp Galaksi 45.

Ketua Panitia Musyawarah Besar Galaksi 45, Linggar Wahyu Nugroho mengatakan proses pemilihan Ketum Galaksi UP 45 dilaksanakan melalui mekanisme Pemilihan Umum (Pemilu) yang berlangsung Luber Jurdil oleh seluruh anggota Galaksi 45.

“Ada 2 kandidat yang masuk dalam bursa calon Ketum Galaksi 45, yaitu saudari Gloria dan saudara Imam. Sebelum proses pemilihan langsung, keduanya saling beradu visi misi dan program untuk semakin memajukan Galaksi 45 mendatang. Kedua calon ketum dalam pemaparannya juga sama-sama berjanji untuk mengemban amanah yang diberikan dengan baik,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Jumat (22/04/2022).

Ia menjelaskan, anggota Galaksi 45 selain mencintai alam juga menjunjung demokrasi yang berkualitas, sehingga setiap kandidat harus memiliki kemampuan leadership yang mumpuni. Hal itu harus diuji di depan anggota. Seusai penyampaian visi, misi, dan program para kandidat Ketum, dibuka sesi tanya jawab dengan anggota.

“Para kandidat dengan percaya diri memberikan argumentasi dan pendapatnya selayaknya intelektual,” ujarnya.

Mekanisme pemungutan suara juga dilakukan sebagaimana Pemilu pada umumnya. Sebelum anggota melakukan pencoblosan di bilik suara yang disediakan, terlebih dahulu panitia menyampaikan tahap mekanisme pemilihan dengan menunjukan surat suara bergambar dua calon dan menerangkan terkait surat suara yang sah dan tidak,

“Setelah dilakukan penghitungan suara, ternyata Ketum Galaksi 45 terpilih adalah saudari Gloria. Ini adalah yang pertama kalinya Galaksi 45 dipimpin seorang perempuan yang dipilih melalui Pemilu Galaksi 45,” ujarnya.

Setelah Ketum terpilih ditetapkan panitia, kemudian pada Selasa (12/04/2022) yang lalu dilaksanakan pelantikan Ketua Umum Galaksi 45 Periode 2022-2023 sekaligus Serah Terima Jabatan dengan pengurus lama. Acara tersebut diselenggarakan Auditorium PLN Universitas Proklamasi 45 (UP45), Jl Proklamasi No 1 Babarsari Depok Sleman Yogyakarta. Acara yang dimulai pada pukul 09.30 hingga 11.30 WIB tersebut berlangsung khidmat.

Pengambilan sumpah janji Ketum terpilih beserta Pengurus dilakukan oleh Pembina Galaksi 45 Rr. Putri Ana Nurani, SS, MM dengan disaksikan oleh Bidang Kemahasiswaan Ning Nurani, S.PSi, seluruh Pengurus, anggota dan senior Galaksi 45. Acara juga dihadiri Pengurus, Dewan Penasehat Galaksi 45, Kernet Pariama yang pernah menjabat Ketua Umum Galaksi 45 Periode 2019-2021 dan Senior Galaksi 45 Chairul Barsah, ST.

Dengan dilantiknya Ketum beserta pengurus baru Galaksi 45 yang baru Putri berharap, Galaksi 45 ke depan akan lebih maju dan berprestasi.

“Saya mengharapkan agar seluruh pengurus dapat melaksanakan tugas dan amanah yang diemban dengan semangat dan ikhlas. Musyawarah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dilakukan oleh setiap organisasi untuk menghimpun dan mengakomodir usulan aspirasi dari para anggotanya, sedangkan pemilu merupakan upaya pengkaderan untuk mempersiapkan calon pemimpin di masa depan untuk keberlanjutan organisasi yang akan memegang tongkat estafet kepemimpinan,” tuturnya.

Putri menjelaskan, pelaksanaan demokrasi yang senantiasa dilakukan seluruh anggota Galaksi 45 dalam menjalankan roda organisasi, perlu dipertahankan dan terus ditingkatkan.

“Selamat atas terpilihnya Gloria sebagai Ketum baru Galaksi 45, jadilah pemimpin yang tangguh, organisasi yang kuat mandiri, inovatif, kreatif, berintegritas, dan berakhlak mulia,” ungkap Putri.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Periode 2021-2022 Setyanto Wahyu Pratama dari Prodi Teknik Perminyakan berpesan agar seluruh pengurus terus belajar dan belajar baik dalam konteks organisasi maupun dalam perkuliahan,

“Antara kuliah dan organisasi harus seimbang,” ujarnya.

Di sisi lain, Senior Galaksi 45 Chairul Barsah, ST berpesan agar Ketum lama tidak meninggalkan adik-adiknya,

“Ketua lama harus tetap mendampingi agar Ketua Terpilih dapat bekerja secara optimal untuk lebih memajukan Galaksi 45 ke depan. Saya juga meminta seluruh pengurus harus mendukung program kerja yang telah dicanangkan oleh ketua. Ini merupakan sebuah sejarah Galaksi 45 dipimpin seorang perempuan, pada tahun 2016 pernah ada yang terpilih, tapi saat itu hanya PLT Ketua,” ujarnya. (pr/rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.