Anggota dan Alumni Banyak, Mapala Galaksi 45 Dituntut Terus Angkat Nama Universitas

YOGYAKARTA –Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) ‘Galaksi’ 45 menjadi salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang banyak diminati mahasiswa Universitas Proklamasi 45 (UP 45) Yogyakarta. Selain memiliki anggota aktif yang cukup banyak, jumlah alumni Galaksi 45 juga banyak dan solid.

Berkembangnya Galaksi 45 yang telah merayakan dies natalis ke 38 tahun ini mendapatkan apresiasi dari Rektor UP45, Dr Benedictus Renny See, SH, SE, MH. Ia berharap agar UKM Mapala Galaksi 45 terus mengangkat nama universitas dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat,

“Saya berpesan kepada seluruh pengurus dan anggota Galaksi 45 agar senantiasa menjaga nama baik UP 45 dimanapun berada, serta mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan ilmu yang berharga,” tuturnya, belum lama ini.

Sementara itu Pembina UKM Galaksi 45 Rr Putri Ana Nurani,SS, MM mengatakan, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) sesungguhnya mengemban misi yang positif yaitu menjaga dan melestarikan alam. Namun, Mapala juga dituntut untuk memiliki pengetahuan dan skil khusus bagaimana bertahan hidup di alam dan berinteraksi dengan alam,  

“Sehingga para anggotanya harus memiliki kemampuan khusus tentang bagaimana menjaga, melestarikan, dan mengelola alam. Oleh karenanya Galaksi 45 selalu mengdakan Diklat (Pendidikan dan Latihan) untuk anggotanya,” tutur putri dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/04/2022).

Terkait hal itu, Kata Putri, UKM Galaksi 45 telah melaksanakan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) untuk calon anggota angkatan 36 pada 23 hingga 27 Maret 2022 di Desa Katerban, Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah.

Pembukaan dan upacara pelepasan peserta Diklatsar dilaksanakan pada Rabu, 23 Maret 2022, dimulai pukul 08.00 -10.00 wib di halaman kampus Universitas Proklamasi 45. Acara  dipimpin oleh Rektor UP45 selaku Pembina Upacara.

Dalam kesempatan tersebut, selaku Pembina UKM Galaksi, Putri berpesan agar panitia dan peserta Galaksi 45 mengutamakan keselamatan atau menerapkan safety, terlebih saat ini musim penghujan dan cuaca ekstrim. Putri juga berpesan agar peserta selalu mengikuti SOP yang disampaikan oleh Kakak Pengurus,

“Selamat belajar, selamat menimba ilmu, semoga Allah melindungi kalian semua. Diklatsar ini menjadi modal bagi Anda semua, tidak hanya skill keterampilan, kompetensi, nantinya ilmu yang didapat menjadi bekal bagi Anda untuk terjun berkontribusi kepada masyarakat dan akan berguna terlebih ketika memasuki dunia kerja atau dunia industri. Galaksi 45 Jaya Untukmu Indonesia,” ucap Putri saat melepas peserta Diklatsar.

Ketua Panitia Diklatsar Galaksi 45 Angkatan 36, Bogik Sanjaya mengatakan Diklatsar adalah kegiatan pertama yang harus dilakukan oleh calon anggota Mapala Galaksi 45 Yogyakarta untuk menjadi anggota penuh. Diklatsar bisanya dilaksanakan di awal semester setelah penerimaan mahasiswa baru di kampus,

“Tujuan diksar adalah untuk mendidik dengan cara memberi latihan-latihan dasar tentang kepecintaalaman. Selama beberapa hari peserta diklatsar diberikan pengenalan, serta SOP yang telah dibuat,” ujarnya. (pr/rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.