Tingkatkan Kompetensi, Mahasiswa Teknik Perminyakan UP 45 Kuliah Lapangan di PPSDM MIGAS

YOGYAKARTA – Minyak dan gas bumi (Migas) masih menjadi sumber energi utama di Indonesia. Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP45) yang dikenal sebagai ‘The University of Petrolium’ terus mengembangkan kompetensinya dalam bidang Migas. 

Sekretaris Universitas Proklamasi 45 Rr. Putri Ana Nurani,SS,MM mengatakan, Program Studi Teknik Perminyakan (Prodi TP) UP 45 selama ini telah menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga dan perusahaan Migas di tanah air.

“Belum lama ini Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Proklamasi 45 telah melaksanakan kuliah lapangan ke PPSDM (Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia) Migas dan dilanjutkan ke Pertamina Asset 4 Kawengan dan Wonocolo,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Minggu (24/04/2022).

Putri menjelaskan, melalui kegiatan ini mahasiswa dapat meningkatkan kompetensinya di sektor Migas. PPSDM Migas sendiri, kata dia, selain memberikan pelatihan dan sertifikasi juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan kunjungan di Laboratorium Bor, dimana setiap laboratorium dipandu oleh instruktur sendiri-sendiri.

“Melalui kuliah lapangan ini, mahasiswa dapat melihat langsung peralatan pemboran dan produksi migas yang sudah disampaikan teorinya melalui perkuliahan di Prodi TP UP 45,” katanya.

Dalam kunjungan ke PPSDM Migas, mahasiswa didampingi langsung oleh Kepala Prodi TP UP 45, Lia Yunita, S.T., M.Pd., M.T., beserta para dosen.

Lia Yunita mengungkapkan, peserta kuliah lapangan sebanyak 32 mahasiswa yang saat ini sedang menempuh semester 4 di Prodi  Teknik Perminyakan UP 45.

Lia berharap, dengan mengikuti kegiatan ini mahasiswa tidak hanya sekadar menimba ilmu saja, tetapi dapat melihat secara langsung dan mendapatkan penjelasan lengkap serta akurat terkait pemboran dan peralatan yang ada di PPSDM Migas melalui para instruktur yang ditunjuk.

“Melalui kunjungan ini saya berharap mahasiswa mampu memahami tentang pengenalan lapangan pemboran, produksi dan peralatan migas lainnya. Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada PPSDM Migas yang telah memberi izin kunjungan kepada mahasiswa UP 45 untuk melaksanakan kuliah lapangan. Mahasiswa mendapatkan sambutan yang sangat baik dari instruktur di laboratorium PPSDM Migas,” ungkapnya.

Di sisi lain, Putri menyampaikan, saat ini UP 45 memiliki 9 Program Studi antara lain Prodi Teknik Perminyakan, Prodi Teknik Mesin, Prodi Teknik Lingkungan, Prodi Teknik Industri, Teknologi Informasi, Prodi Ilmu Hukum, Prodi Administrasi Negara, Prodi Manajemen, dan Prodi Psikologi,

“UP 45 saat ini semakin memantapkan diri sebagai ‘The University of Petroleum’ untuk menjawab tantangan energi masa depan,” pungkasnya. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.