Percepat Program PAUD Berkualitas di Sleman, POKJA Ibu PAUD Tingkat Kapanewon dan Kalurahan Segera Dibentuk

SLEMAN – Sebagai langkah memajukan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Bupati Sleman sekaligus Ibu PAUD Kabupaten Sleman, Dra Hj. Kustini Sri Purnomo telah membentuk Kelompok Kerja (POKJA) Ibu PAUD Kabupaten Sleman.

Tidak hanya dibentuk di tingkat kabupaten, POKJA Ibu PAUD juga akan dibentuk di tingkat kapanewon (Kecamatan) dan Kalurahan (Desa).

Ketua POKJA Ibu PAUD Kabupaten Sleman, Nur Cholimah, M.Pd mengatakan, sosialisasi pembentukan POKJA Ibu PAUD Kapanewon dan Kalurahan sudah mulai diselenggarakan seksi PTK PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Secara teknis, sosialisasi dibantu jajaran pengurus POKJA Ibu PAUD Kabupaten Sleman.

Menurutnya Sosialisasi POKJA Ibu PAUD akan dilaksanakan dalam 3 angkatan. Sosialisasi angkatan 1 yang meliputi wilayah Kapanewon Prambanan, Kalasan, Berbah, Cangkringan, Depok, dan Ngemplak dilaksanakan hari ini, Senin (23/05/2022) di Aula Kapanewon Kalasan.

“Tujuan kegiatan ini untuk memotivasi ibu-ibu PAUD beserta stakeholder di tingkat kapanewon dan kalurahan agar membentuk POKJA di wilayahnya masing-masing. POKJA Ibu PAUD Kabupaten dalam kegiatan ini memberikan inspirasi, arahan dan materi terkait pembentukan POKJA Ibu PAUD di tingkat kapanewon dan kalurahan” katanya seusai memberikan materi dalam acara sosialisasi.

Ia menjelaskan, POKJA Ibu PAUD Kabupaten dalam kegiatan ini memberikan inspirasi, arahan dan materi terkait pembentukan POKJA Ibu PAUD di tingkat kapanewon dan kalurahan.

Menurutnya, peserta sosialisasi adalah Ibu-Ibu PAUD yang merupakan para istri pejabat atau pejabat di Kapanewon maupun Kalurahan. Kemudian, tokoh masyarakat penggiat PAUD dan Organisasi Mitra PAUD.

“Kegiatan ini sekalian workshop. Peserta juga berdiskusi. Ada 3 (komponen) kira-kira yang dibutuhkan untuk membentuk POKJA PAUD, yaitu pertama perorangan yang peduli dengan PAUD. Kedua, melibatkan organisasi-organisasi mitra dan yang ketiga adalah tokoh masyarakat dari desa yang akan membangun PAUD. Di POKJA PAUD kita bisa melebur, di sana ada lembaga formal maupun non formal. Kita bersama sama mendukung Program kerja Ibu PAUD Kabupaten Sleman untuk mewujudkan Paud Berkualitas,” ungkapnya.

Ia berharap setelah mengikuti sosialisasi, peserta akan menindaklanjuti dengan segera mengundang semua stakeholders masing-masing untuk membentuk embrio POKJA PAUD di tingkat Kapanewon maupun Kalurahan.

“Kita (POKJA Ibu PAUD Kabupaten) akan melakukan pendampingan. Nanti ada Bimtek (Bimbingan Teknis) juga supaya langkahnya lebih pasti,” imbuhnya.

Salah satu peserta Sosialisasi, Ibu PAUD Kalurahan Sendangtirto, Kapanewon Berbah, Listiana Rahmawati mengatakan dengan mengikuti acara ia mendapatkan tambahan pengetahuan untuk memajukan PAUD di Kalurahannya.

“Acara ini sangat bermanfaat. Para pembicara dari Ibu PAUD Kabupaten sangat memotivasi kami untuk membentuk Pokja Ibu PAUD di Kalurahan,” ujarnya.

Listiana mengatakan, sejak mengetahui Pokja PAUD Kabupaten terbentuk, ia sudah berkoordinasi dengan bunda – bunda PAUD (Penggiat PAUD) di lingkungan untuk mempersiapkan diri. Ia juga menilai keberadaan POKJA Ibu PAUD sangat penting untuk memajukan PAUD.

“Menurut saya penting, agar tidak jalan sendiri-sendiri dalam memajukan PAUD. Kalau dipikir sendiri akan berat tapi dengan dipikir bersama-sama dengan POKJA maka akan lebih ringan,” imbuhnya.

Ibu PAUD sekaligus Bupati Sleman, Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo yang hadir dalam acara mengapresiasi terselenggaranya sosialisasi Pokja Ibu PAUD. Ia berharap dengan terbentuknya POKJA Ibu PAUD di tingkat Kapanewon dan Kalurahan nantinya akan mempercepat tercapainya pendidikan anak yang lebih berkualitas di Kabupaten Sleman.

“Di dalam POKJA Ibu PAUD ini terdiri dari berbagai unsur. Semua menjadi satu kesatuan untuk bersama memajukan pendidikan di Kabupaten Sleman dan mencetak anak-anak yang berkarakter, berbudaya, cerdas, berakhlaq dan berbudi pekerti yang baik,” harapnya.

Nurcholimah mengungkapkan, setelah dilaksanakan sosialisasi angkatan 1 , nantinya akan dilaksanakan   Sosialisasi  Angkatan 2 dan 3. Untuk Angkatan 2 meliputi wilayah Kapanewon Ngaglik, Pakem, Turi, Tempel, Sleman dan Mlati. Sedangkan Angkatan 3 meliputi wilayah Kapanewon Gamping, Godean, Sayegan, Minggir dan Moyudan. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.