Persiapkan Diri Hadapi Persaingan Global, UP 45 Gelar Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi Dosen dan Mahasiswa

Sertifikasi Kompetensi Dosen
UP 45 Gelar Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi Dosen dan Mahasiswa. Foto: doc/UP 45.

YOGYAKARTA – Sertifikasi kompetensi dosen dan mahasiswa di lingkungan Perguruan Tinggi menjadi penting di era persaingan global yang kian ketat saat ini.

Sekretaris UP 45 Yogyakarta, Rr.Putri Ana Nurani,SS,MM mengungkapkan saat ini pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan nasional dengan salah satunya mewajibkan sertifikasi bagi tenaga pengajar, yaitu guru dan dosen.

“Sertifikasi, terutama untuk dosen bermanfaat untuk melindungi profesi dosen yang merupakan agen pembelajaran pada universitas atau perguruan tinggi, meningkatkan proses pembelajaran serta hasil pendidikan, serta mempercepat terealisasinya tujuan pendidikan nasional,” ungkapnya kepada jogjakartanews.com, Sabtu (17/06/2022).

Putri menjelaskan, Selain untuk Dosen, sertifikasi kompetensi juga diperlukan bagi mahasiswa sebagai bekal memasuki dunia kerja atau dunia industry nantinya.

Untuk mendukung langkah pemerintah tersebut, Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP 45) melaksanakan Sosialisasi Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Pada Sabtu, (11/06/2022) pukul 10.00-12.00 WIB.

Dalam sosialisasi yang digelar di Ruang Auditorium PLN UP 45 tersebut dihadirkan Dr. Nurul Indah Susanti, S.Psi., M.Psi., Psikolog selaku Direktur Utama PT. Media Hati sekaligus Direktur Kadin Institute. Bertindak sebagai moderator Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UP 45, Dr. Nuralam, S.E., M.Si.

Turut hadir sebagai peserta sosialisasi yaitu Rektor Universitas Proklamasi 45, Dr. Benedictus Renny See, S.H., S.E., M.H. didampingi Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama, Febriyanti Angelia Ginting, S.Pd, M.Sc. Hadir pula ketua program studi, serta dosen di lingkungan Universitas Proklamasi 45.

Dalam sosialisasi tersebut Nurul menyampaikan ada gap antara perguruan tinggi dan dunia industri sehingga perlu dilakukan pelatihan dan sertifikasi kompetensi bagi dosen dan mahasiswa.

“Bagi dosen, pelatihan dan sertifikasi kompetensi ini perlu dilakukan untuk memahami kebutuhan industri sehingga mampu mengajarkan dan memasukan kebutuhan indutri dalam kurikulum. Bagi mahasiswa, pelatihan dan sertifikasi kompetensi ini untuk meningkatkan kompetensi atau keahlian khusus serta meningkatkan daya saing lulusan pendidikan tinggi bersaing di dunia kerja,” tuturnya.

Sosialisasi dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Universitas Proklamasi 45 dengan PT. Media Hati dan Kadin Institute.

Kesepakatan ini ditandatangani langsung oleh Rektor Universirtas Proklamasi 45 Yogyakarta, Dr. Benedictus Renny See, SH., SE., MH., dan Dr. Nurul Indah Susanti, S.Psi., M.Psi., Psikolog selaku Direktur Utama PT. Media Hati sekaligus Direktur Kadin Institute.

“Universitas Proklamasi 45 dan PT. Media Hati serta Kadin Institut berharap kerja sama ini dapat terlaksana dengan baik,” pungkas Putri. (pr/rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

58 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.