Tumbuhkan Patriotisme Sejak Dini, IGTKI Kalasan Gelar Aksi Anak PAUD Meriahkan HUT RI ke 77

IGTKI Kalasan
Gelar Aksi Anak PAUD TK, yang diselenggarakan IGTKI Kalasan di Lapangan Raden Ronggo Kalasan, Sabtu (20/08/2022), berlangsung meriah.

SLEMAN – Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia atau IGTKI Kalasan, Kabupaten Sleman, menyelenggarakan Gelar Aksi Anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK), di Lapangan Raden Ronggo Kalasan, Sabtu (20/08/2022).

Ketua IGTKI Kalasan, Dra. Karsini, M.Pd menuturkan, Gelar Aksi Anak PAUD TK  diikuti sedikitnya 506 anak dan 130  guru dari 46 TK se Kapanewon (Kecamatan) Kalasan. Menurutnya, selain untuk meriahkan perayaan HUT RI ke 77, kegiatan juga bertujuan untuk menumbukan jiwa patriotisme sejak dini.

“Harapannya dengan kegiatan ini, bisa menumbuhkan jiwa patriotisme kepada anak-anak. Selain itu juga menanamkan jiwa kebangsaan, cinta tanah air, serta berbudaya dan  berkarakter,” tuturnya di sela-sela acara.

Karsini menjelaskan, dalam Aksi Anak PAUD TK digelar berbagai perlombaan, baik untuk anak-anak maupun guru. Untuk anak-anak ada lomba Estafet balon air, Estafet bendera, dan Bakiak. Sedangkan untuk guru ada Estafet balon air, dan Kempit balon dengan berjoget.

“Dengan perlombaan ini, khususnya untuk anak-anak diharapkan akan meningkatkan kreatifitas, suportifitas, jiwa gotong royong atau kerja sama  untuk meraih prestasi. Sedangkan untuk para guru, diharapkan bisa menguatkan kekompakan, sehingga bisa bersama-sama memajukan PAUD TK di Kapanewon Kalasan,” harap Karsini.

Karsini menambahkan, pembiayaan kegiatan Aksi Anak PAUD TK ini berasal dari Kas IGTKI Kalasan. Hal itu merupakan wujud komitmen IGTKI Kalasan untuk bersama-sama memajukan Pendidikan Anak Usia Dini di Kapanewon Kalasan.

Dalam sambutannya saat membuka acara Gelar Aksi Anak PAUD, Panewu Kapanewon Kalasan Drs. Siswanto mengapresiasi IGTKI Kalasan yang telah melaksanakan kegiatan. Ia berharap, dengan kegiatan, anak-anak akan semakin termotivasi untuk berprestasi dan lebih semangat belajar.

“Kami pemerintah Kapanewon Kalasan mengapresiasi terselenggaranya Gelar Aksi Anak PAUD TK yang di selenggarakan IGTKI Kalasan ini. Semoga Pendidikan Anak Usia Dini di Kapanewon Kalasan ke depan akan semakin maju dan berkualitas,” harapnya.

Dalam acara yang berlangsung meriah ini, baik anak-anak maupun guru antusias mengikuti setiap perlombaan yang digelar. Para pemenang lomba mendapatkan piala serta hadiah dari IGTKI Kalasan. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 

60 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.