Gunungkidul Gempar, Suara Dentuman Mirip Gunung Meletus

ledakan di gunungkidul
ilustrasi

GUNUNGKIDUL – Warga Kabupaten Gunungkidul dibuat gempar. Suara dentuman keras yang misterius menggema, Kamis (22/12/2022). Suara tersebut didengar sebagian besar warga wilayah Gunungkidul, terutama di Kapanewon Semanu, Karangmojo, Playen, bahkan hingga Wonosari.

Suara yang mirip ledakan pada gunung berapi yang tengah mengalami erupsi tersebut terjadi sekira Pukul 11.19 WIB.

Saat dikonfirmasi wartawan, Kepala BPBD Gunungkidul, Purwono mengatakan sudah mendapatkan laporan adanya kehebohan di masyarakat akibat suara dentuman keras tersebut.

Saat ini pihaknya masih menggali informasi pihak-pihak yang berkompeten untuk memastikan sumber suara tersebut. Namun, dari informasi yang diterima, arah suara dari arah Timur Gunungkidul.

“Semakin ke barat suaranya mengecil. Belum ada informasi sumber suara apa itu,” katanya.

Terpisah, Lurah Tambakromo, Kapanewon Ponjong, Sudigdo mengatakan, sura dentuman bahkan membuat kaca di balai kalurahan juga ikut bergetar.

“(suaranya) keras. Mirip suara gemuruh dari letusan Gunung Kelud di 2014 lalu,” ujarnya.

Sudigdo sempat mencari informasi sumber dentuman tersebut. Isu yang beredar di kalangan warga, ada pesawat jatuh di wilayahnya yang berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri. Namun setelah melakukan pengecekan ternyata isu tersebut tidak benar.

“Ternyata tidak ada apa-apa (Tidak ada pesawat jatuh),” ujarnya.Salah seorang Warga Wonosari, Agung (40) mengatakan, ia sempat mendengar ledakan keras. Namun ia mengira itu suara ban mobil yang Meletus di jalan.

“Ternyata di group WA warga, ternyata warga kecamatan (kapanewon) lain juga mendengar. Ada yang bilang itu dari Merapi, ada yang bilang itu dari Gunung Kelud, ada yang pesawat jatuh, tapi informasi pasti dari pihak terkait belum ada,” ujarnya. (kt3/rw)

Redaktur: Faisal

60 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *