Gandeng Toko Mebel, Bapas Jogja Kembali Adakan Pelatihan Bagi Klien

Bapas Jogja melaksanakan Kegiatan bimbingan kemandirian bagi klien pemasyarakatan berupa pelatihan di bidang furnitur dan perkayuan di Toko Mebel Eka Karya Mandiri, Jl. Sugeng Riyadi Sampangan Wirokerten Banguntapan, Bantul, Rabu (21/12/2022). Foto: Hennyra

YOGYAKARTA – Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta  (Bapas Jogja) kembali menyelenggarakan bimbingan kemandirian bagi klien pemasyarakatan. Bimbingan kali ini berupa pelatihan di bidang furnitur dan perkayuan  yang diselenggarakan di Toko Mebel Eka Karya Mandiri, Jl. Sugeng Riyadi Sampangan Wirokerten Banguntapan, Bantul, Rabu (21/12/2022).

Pelatihan diikuti oleh lima belas klien pemasyarakatan serta dihadiri oleh pejabat struktural dan Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Jogja.

Kepala Bapas Kelas I Yogyakarta Cahyo Dewanto menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan agar klien mendapat tambahan ilmu sekaligus ikut memperkuat Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) yang sudah ditetapkan dan bekerja sama dengan Bapas Yogyakarta.

“Bahwa Bapas sebagai institusi pemasyarakatan adalah melaksanakan pembimbingan kepribadian dan kemandirian bagi klien pemasyarakatan. Ini merupakan kegiatan bimbingan kemandirian yang dilaksanakan di luar Bapas selama tahun 2022. Perlu peran serta masyarakat untuk ikut peduli kepada pemasyarakatan karena nantinya klien akan kembali ke masyarakat, untuk itu harus kita bekali keterampilan,” tuturnya saat membuka acara.

Ia menekankan pentingnya peran serta masyarakat untuk ikut peduli kepada klien pemasyarakatan, yang diwujudkan dalam kerjasama dengan Pokmas Lipas.

“Harapannya, selain klien mendapat tambahan ilmu sekaligus ikut memperkuat Pokmas Pokmas Lipas yang sudah ditetapkan dan bekerja sama dengan Bapas Yogyakarta,” imbuhnya.

Sementara itu pemilik toko mebel Eka Karya Mandiri, Kuswantoro,  mengungkapkan sangat berterimakasih kepada Bapas Jogja yang telah memberi kepercayaan sebagai tempat pelatihan keterampilan di bidang furniture dan perkayuan bagi klien Bapas.

“Saya berharap hasil yang telah diperoleh tidak berhenti dan dapat dipraktekan minimal dirumah masing-masing, syukur bisa dijadikan usaha,” katanya  disela-sela menjadi instruktur membuat meja bagi klien pemasyarakatan.

di sisi lain, Edwardo Paccini klien bimbingan Cuti Bersyarat mengungkapkan terima kasih  kepada Bapas Jogja yang telah memberi kesempatan sehingga dapat mengikuti pelatihan ini.

Dalam kegiatan ini juga dilangsungkan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Toko Mebel “Eka Karya Mandiri” dengan Bapas Yogyakarta serta Perjanjian Kerjasama antara Bengkel Las “Restu Mulia” menjadi mitra Pokmas Lipas Bapas Kelas I Yogyakarta.

Di akhir kegiatan, klien pemasyarakatan selain memperoleh ilmu dan keterampilan juga mendapat sertifikat sebagai bukti telah mengikuti pelatihan.

“Mudah-mudahan kerjasama ini bisa berjalan lama dan berkelanjutan, dapat mengangkat harkat dan martabat klien Bapas, bisa mandiri untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” harap Kepala Bapas Kelas I Yogyakarta Cahyo Dewanto. (kt1)

Redaktur: Hennyra

59 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *