Masa Reseses Dewan, Bersama Warga Fokki Tanam 50 Pohon Tanggulangi Longsor Bantaran Kali Kucing dan Gajah Uwong  

Anggota DPRD Kota Yogyakarta, Antonius Fokki Ardiyanto melaksanakan reses dengan menanam pohon bersama warga wilayah RW 20, Kampung Gendeng, Baciro. Foto: Fafa

YOGYAKARTA –  Bantaran Kali (Sungai) Kucing dan Gajah Uwong di Kampung Gendeng Baciro, Kota Yogyakarta rawan banjir dan longsor, terutama saat musim hujan. Sebagai bentuk antisipasi, anggota DPRD Kota Yogyakarta, Antonius Fokki Ardiyanto S.IP yang menjalani masa reses, bersama warga menanam 50 Bibit Pohon di bantaran kedua sungai tersebut, tepatnya di wilayah RW 20, Kampung Gendeng, Sabtu (28/01/2023).

Fokki mengungkapkan, dalam masa reses pertama tahun ini ia memilih kegiatan yang berbeda dari sebelumnya, yaitu dengan melakukan penghijauan di wilayah kampung sepanjang pinggiran sungai kucing dan sungai gajah uwong.

“Dalam kegiatan ini kami menyumbangkan 50 bibit pohon jambu, mangga, pisang untuk dapat ditanam di wilayah RW 20. Jumlah 50 bibit pohon ini dipilih karena bertepatan dengan Ulang Tahun Emas (50 Tahun) PDI Perjuangan,” ungkap Fokki kepada wartawan, seusai kegiatan.

Fokki menjelaskan, dalam pelaksanaan kegiatan, ia  melibatkan warga masyarakat sekitar, ikatan perempuan Mawar Merah, Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) dan Garda Banteng Nasionalis Ganas.

Anggota Dewan dari Fraksi PDI Perjuangan ini menjelaskan, Gerakan penghijauan selain bisa mengantisipasi abrasi yang menyebabkan longsor dan banjir. Selain itu tanaman buah juga bisa dimanfaatkan warga untuk dikonsumsi.

Manfaat lainnya, kata dia, penanaman pohon juga bisa menjaga ketersediaan oksigen.

“Reses dengan gerakan penghijauan adalah bentuk kepedulian bentuk sumbangan kecil untuk merawat bumi merawat kehidupan karena dengan gerakan ini sumber oksigen dapat terjaga dengan baik,”tuturnya.

Sementara itu, Ketua RW 20 Kampung Gendeng Kalurahan Baciro, Susilo menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian dan perhatian dari Fokki dalam masa resesnya.

“Kegiatan Reses Mas Fokki ini benar benar bermanfaat untuk membangun kampung dengan gerakan penghijauan atau menanam pohon. Harapan ke depan, reses dari anggota DPRD seperti yang dilakukan Mas Fokki ini, benar benar kongrit dalam kegiatannya, bukan hanya sekedar seremonial belaka,” ujarnya.

Di sisi lain, dalam kesempatan tersebut juga digunakan oleh para koordinator lapangan dari Ikatan Perempuan Mawar Merah, Repdem dan Ganas untuk menyampaikan kebulatan tekad memenangkan PDI Perjuangan dalam Pemilu 2024 dengan soliditas, militansi dan gotong royong.

“Kami akan berjuang memenangkan Pemilu 2024 dengan Gerakan-gerakan yang merakyat dan bermanfaat bagi masyarakat,” tegas Fokki. (rd1)

Redaktur: Faisal

 

 

60 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com