Tingkatkan Kemandirian Klien, Bapas Jogja Optimalkan Kerjasama dengan Pokmas Lipas

Pokmaslipas Bapas Jogja
Bapas Jogja gelar pertemuan dengan mitra Pokmas Lipas di di Griya Abhipraya di kawasan nol km, Kota Yogyakarta atau kantor lama Bapas Jogja, Selasa (07/02/2022). Foto: Hennyra.

YOGYAKARTA – Balai Pemasyarakatan  Kelas I Yogyakarta (Bapas Jogja) menggelar pertemuan dengan mitra Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) di Griya Abhipraya di kawasan nol km, Kota Yogyakarta atau kantor lama Bapas Jogja, Selasa (07/02/2022).

Kasi Bimbingan Klien Dewasa yang merangkap Ketua Griya Abhipraya Bapas Jogja, Dwi Setyo Wahyudi mengungkapkan, pertemuan dilaksanakan sebagai ajang sharing bersama antar Pokmas Lipas Mitra Bapas Jogja.

“Dengan diselenggarakannya acara ini, diharapkan dapat terjadi kolaborasi dan saling kerjasama antar Pokmas, yang kemudian melahirkan program kegiatan untuk mendukung perbaikan kepribadian dan kemandirian bagi klien,” katanya di sela-sela kegiatan, Selasa (07/02/2022).

Wahyudi menjelaskan, selain mensinergikan antar Pokmas Lipas, pertemuan juga diselenggarakan untuk  mempererat Kerjasama antara Bapas Jogja dengan Pokmas Lipas. Menurutnya, Griya Abipraya didukung tiga unsur utama yaitu Pembimbing Kemasyarakatan yang membimbing klien, Pokmas Lipas dan Instansi Bapas Yogyakarta.

“Sedangkan kegiatan dikategorikan dalam empat bidang yaitu Kepribadian, Kemandirian, Kemasyarakatan dan Hukum,” terang Wahyudi.

Dalam pertemuan tersebut, kata dia, masing-masing Pokmas yang hadir diberi kesempatan untuk  menyampaikan program-programnya untuk diketahui dan dilaksanakan bersama. Masing-masing Pokmas juga mempresentasikan program dan rencana kerja yang dapat dilaksanakan bersama Bapas Jogja.

“Dalam pertemuan ini dilakukan juga penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Bapas Jogja dengan sejumlah Pokmas Lipas yang baru memulai kerja samanya dengan Bapas pada tahun ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bapas Jogja, Cahyo Dewanto menuturkan, dengan kerjasama antar Pokmas Lipas dan kerjasama antara Pokmas Lipas dengan Bapas, diharapkan bisa meningkatkan potensi masing-masing.

“Kebersamaan ini dalam rangka pemberdayaan ekonomi dan SDM antara Pokmas Lipas dan klien yang saling menguntungkan. Pertemuan pada hari ini menghasilkan kesimpulan tentang potensi yang akan dimanfaatkan bersama serta hambatan yang akan diatasi bersama oleh Bapas Jogja dan para Pokmas,” pungkasnya. (kt2)

Redaktur: Hennyra

 

 

58 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com