Tingkatkan Kualitas Media Informasi PAUD DIKMAS, Dinas Pendidikan Sleman Gelar Bimtek Jurnalistik

Peserta dan pembicara dalam Kegiatan Bimtek Jurnalistik yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman di Prima SR Hotel, Sleman, Kamis (09/02/2023). Foto: Fefin
Peserta dan pembicara dalam Kegiatan Bimtek Jurnalistik yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman di Prima SR Hotel, Sleman, Kamis (09/02/2023). Foto: Fefin

SLEMAN – Sebagai upaya meningkatkan kualitas media informasi Pendidikan Anak Usia Dini  (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas), Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik Tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, Kamis (09/02/2023) dan Jumat (10/02/2023) di Prima SR Hotel, Sleman.

Kepala Seksi (Kasi) Kelembagaan PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Mayang Sutrisna, S.Pd, MM menuturkan, Dinasnya memiliki produk media cetak Buletin Sembada yang terbit 3 kali dalam setahun. Isi Buletin Sembada terkait dengan kegiatan maupun program-program  PAUD dan Dikmas.

“Agar kualitas tulisan maupun tampilannya semakin baik dan menarik, maka tim redaksi Buletin Sembada perlu dibekali dengan kemampuan menulis jurnalistik, sehingga perlu diselenggarakan kegiatan Bimtek ini,” tuturnya seusai membuka kegiatan mewakili Kepala Dinas Kabupaten Sleman, Drs. Ery Widaryana, MM.

Menurut Mayang, di tengah kemajuan teknologi informasi, media cetak sudah tidak lagi banyak diminati masyarakat. Namun demikian, media cetak dinilai masih dibutuhkan, khususnya untuk forum-forum atau kalangan tertentu seperti PAUD Dikmas.

“Terkait dengan hal itu, maka Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman ini beberapa tahun terakhir Alhamdulillah bisa menerbitkan Buletin Sembada, dimana di dinas-dinas pendidikan kabupaten/kota lain tidak dilakukan. Itu kelebihan dari kita,” imbuhnya dalam acara yang diikuti tim Penulis Buletin Sembada ini.

Mayang menambahkan, sejauh ini Buletin Sembada dinilai efektif sebagai  sarana informasi dan komunikasi Dinas Pendidikan dengan mitra lembaga-lembaga PAUD dan Dikmas di Kabupaten Sleman. Selain itu, Buletin Sembada juga sebagai sarana aktualisasi, wadah berekspresi bagi para mitra PAUD Dikmas yang punya bakat menulis, serta menjadi ruang untuk menyampaikan aspirasi.

Namun demikian, Mayang mengakui jika dalam penulisan masih ada kekurangan, karena tim redaksi Buletin Sembada yang merupakan tokoh-tokoh dari lembaga-lembaga mitra PAUD Dikmas bukan wartawan profesional.

Oleh karenanya, dalam Bimtek dihadirkan pemateri dari kalangan wartawan dan praktisi media massa.

“Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, nantinya hasil karya jurnalistik tim redaksi Buletin Sembada lebih baik. Diharapkan dengan kualitas jurnalistik yang semakin baik, Buletin Sembada sebagai media informasi nantinya juga bisa membentuk opini publik, sehingga program-program PAUD Dikmas semakin mendapatkan dukungan,” harapnya.

Hadir sebagai pembicara dalam sesi pertama hari ini (09/02/2023) antara lain, Pemimpin Redaksi Jogjakartanews.com, Ja’faruddin yang menyampaikan materi Teknik Reportase dan Penulisan Berita. Kemudian, Redaktur Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat, Mohammad Sobirin yang menyajikan materi tentang Penulisan Opini dan Pers Rilis.

Selain mengulas tentang bagaimana proses mencari hingga menuliskan berita, Ja’far juga mendorong agar tim penulis Buletin Sembada semakin produktif dalam menulis karya-karya jurnalistik.

“Pengetahuan tentang teori-teori jurnalistik itu memang penting untuk acuan dalam menulis, namun praktik menulis yang intens lebih penting untuk menghasilkan karya jurnalitik yang semakin berkualitas. Seperti kata pepatah witing tresno jalaran soko kulino. Semakin cinta menulis maka dengan sendirinya akan ada usaha lebih untuk membuat tulisan yang baik ,” ucapnya.

Ja’far menambahkan, kegiatan dan program-program PAUD dan Dikmas sangat penting untuk diketahui masyarakat luas. Sebab, PAUD berperan dalam mempersiapkan generasi emas penerus bangsa, sedangkan Dikmas berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian.

“Tentunya berita terkait PAUD dan Dikmas menarik karena relevan dengan kebutuhan publik, sehingga perlu disebarluaskan,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam pemaparannya, Sobirin mengungkapkan, untuk menghasilkan karya jurnalistik yang baik, membutuhkan proses yang tidak singkat.

“Apakah sekali menulis bisa langsung jadi? Dari pengalaman yang saya alami, ternyata tidak. Menulis benar-benar membutuhkan proses panjang dan perlu kesabaran. Bahkan, tak jarang harus ‘berhenti’ di tengah jalan.  Adakalanya, seperti macet total. Pada saat demikian, tak memaksakan diri,” ungkapnya.

Sobirin berharap, setelah mengikuti Bimtek, tim Buletin Sembada justru semakin giat untuk melakukan diskusi-diskusi tentang jurnalistik, sehingga semakin kaya referensi.

“Ketika ide atau gagasan sudah diperoleh dan kemudian  mampu menuangkan dalam bentuk tulisan, apalagi ditunjang referensi yang lengkap, yakni kalau sudah dapat sekali yang lainnya mudah. Artinya, jika sudah berhasil membuat satu alenia, alenia berikutnya akan mengalir deras,” ujar wartawan senior ini.

Salah satu peserta Bimtek, Resmi widayati S.Pd mengaku dengan mengikuti Bimtek, ia mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru tentang jurnalistik

“Bimtek ini pasti akan membawa manfaat untuk tim Buletin Sembada Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman karena telah membuka wawasan lebih luas kepada kami tentang tata tulis yang baik dan benar, juga menjadi tahu tentang etika penulisan. Harapannya kegiatan ini tetap bisa dilaksanakan secara bertahap khusus untuk tim sendiri dan bisa disampaikan di organisasi-organisasi mitra Paud dan Dikmas, sehingga berita yang ada di Buletin Sembada juga bisa lebih berkembang,” katanya.

Hal senada disampaikan peserta lainnya, Sigit Nurrahmat, S.Pd. Ia berharap ke depan tulisan di Buletin Sembada semakin berkualitas sesuai kaidah jurnalistik.

“Alhamdulillah membuka wawasan kami tentang kejurnalistikan yang ternyata masih perlu kami asah terus dan kita latih. Harapan kedepan dalam penyesunan Buletin Sembada tetap memperhatikan kaidah-kaidah jurnalis yang sudah kita ketahui bersama dari pemaparan kedua nara sumber,” pungkas Sigit yang juga tim penulis Buletin Sembada. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 

63 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com