SD Negeri Seyegan Gelar Lomba Literasi

Lomba Literasi yang digelar SD Negeri Seyegan, Pundong, Bantul pada Sabtu (11/02/2023)berlangsung meriah. Foto: Fefin.
Lomba Literasi yang digelar SD Negeri Seyegan, Pundong, Bantul pada Sabtu (11/02/2023)berlangsung meriah. Foto: Fefin.

BANTUL – SD Negeri Seyegan, Pundong, Bantul menggelar lomba Literasi, Sabtu (11/02/2023). Lomba diikuti 121 peserta siswa TK dan SD di wilayah Kapanewon Pundong dan sekitarnya.

Ketua panitia lomba, Dwi Widyastutik,S.Pd mengungkapkan, Lomba Literasi 2023 diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan bakat minat literasi anak-anak Tk dan SD.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kreativitas anak-anak SD dalam panen karya untuk penguatan profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka, dari kelas 1 hingga 6,” katanya, di sela-sela kegiatan, Sabtu (11/02/2023).

Dwi menjelaskan, berbagai macam karya yang dilombakan antara lain pemanfaatan sampah untuk dibuat produk kerajinan, hasil karya baju batik jemputan, taplak jumputan, kreasi batik di bambu, mozaik dari biji-bijian, miniatur rumah dari kardus, mozaik dari sampah daun kering, media pembelajaran seperti kerangka bangun ruang dari pipet dan dingklik dari ecobrik.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap sekolah,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri Seyegan Dwi Suharyana,S.Pd.,M.Pd menuturkan, Lomba Literasi bisa menjadi ajang membangkitkan semangat siswa untuk berpresrasi. Terlebih, sejak masa pandemic covid-19, masih jarang digelar perlombaan yang melibatkan banyak peserta dari SD maupun TK, khususnya di Kapanewon Pundong.

“Sungguh luar biasa antusiasme dari peserta, terutama anak-anak TK. Setelah lama tidak ada lomba ternyata  anak-anak TK  bersemangat dan penuh dengan keceriaan mengikuti lomba. Harapannya kegiatan ini bisa membangkitkan semangat siswa, baik siswa TK maupun SD untuk berprestasi,” harapnya.

Kegitan yang dimulai pukul 07.30 Wib hingga selesai ini dihadiri seluruh stakeholder sekolah. Diantaranya, koordinator wilayah pundong, Sumardiyana, S.Pd, pengawas SD dari Dinas Pendidikan Bantul, Ngadina,S.Pd.,M.Pd. Empat dewan sekolah, Rukiyo,Wiyono, Samsudi, dan Rumiyatun juga turut hadir dalam acara yang mengundang sedikitnya 20 tamu undangan.

Lomba  berlangsung tertib dan lancar serta meriah. Berbagai penampilan dari peserta didik ditampilkan untuk menyemarakkan acara. Diantaranya menari, asmaul husna, qiroah, menyanyi, fashion show hasil karya batik shibori kelas 3, dan membacakan puisi. Selain itu, peserta dan tamu undangan juga dihibur dengan dongeng yang dibawakan oleh Khoirul Hardi.

“Stand panen raya dan market day yang dibuka di lokasi lomba juga ramai dikunjungi oleh seluruh peserta lomba dan peserta didik kelas 1 hingga kelas 6, serta para tamu undangan. Acara berlangsung aman, tertib dan lancar,” Dwi Widyastutik. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

56 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com