Bapas Yogyakarta Rintis Griya Abhipraya, Jajaran Divpas Kanwil Kemenkumham DIY Audiensi dengan Wagub

Jajaran Divpas Kanwil Kemenkumham DIY dan Bapas Yogyakarta audiensi dengan Wagub DIY terkait pembentukan Griya Abhipraya. Foto: Hennyra
Jajaran Divpas Kanwil Kemenkumham DIY dan Bapas Yogyakarta audiensi dengan Wagub DIY terkait pembentukan Griya Abhipraya. Foto: Hennyra

YOGYAKARTA – Kunjungan tersebut terkait dengan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Yogyakarta merintis pembentukan dan penyelenggaraan Griya Abhipraya di wilayah DIY. Untuk mengoptimalkan program tersebut, Jajaran Divisi Pemasyarakatan (Divpas), Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta (Kanwil Kemenkumham DIY)  melaksanakan audiensi dengan Wakil Gubernur (Wagub) DIY KGPAA Paku Alam X, Selasa (07/03/2023).

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kwemenkumham DIY, Gusti Ayu Putu Suwardani menuturkan, Griya Abhipraya atau Rumah Singgah yang dikenal juga sebagai Rumah Kolaborasi Pemasyarakatan merupakan wadah kolaborasi bagi pemberdayaan Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas).

Kadivpas menjelaskan kegiatan audiensi merupakan tindak lanjut Surat Edaran Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI tentang Pedoman Pembentukan dan Penyelenggaraan Griya Abhipraya. Selain itu juga sebagai follow up dari kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pembentukan Griya Abhipraya yang telah diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan pada tanggal 22 – 24 Februari 2023.

Dalam audiensi dengan Sri Paduka, Kadivpas memaparkan gambaran dan profil Griya Abhipraya serta rencana kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan. Kanwil Kemenkumham DIY berharap dapat bersinergi dengan Pemda DIY dalam penyelenggaraan berbagai kegiatan bimbingan kemasyarakatan di bawah wadah Griya Abhipraya Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Yogyakarta.

“Melalui kerja sama yang dijalin dengan Pemda DIY terkait dengan penyelenggaraan Griya Abhipraya, Pemda DIY maupun instansi kedinasan di bawahnya dapat memfasilitasi kegiatan-kegiatan pemberdayaan Klien Pemasyarakatan, baik dari aspek sarana-prasarana maupun program bimbingan yang diberikan,” tutur Gusti Ayu.

Sementara itu, Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka KGPAA Paku Alam X menyambut baik pembentukan dan penyelenggaraan Griya Abhipraya di wilayah DIY. Sri Paduka akan mengagendakan koordinasi antara pihak Kanwil Kemenkumham DIY dengan SKPD yang terkait untuk membantu penyelenggaraan Griya Abhipraya.

“Salah satu kewajiban utama Pemda DIY adalah mensejahterakan seluruh rakyatnya, tidak terkecuali narapidana dan mantan narapidana. Maka, pemberdayaan klien pemasyarakatan menjadi tanggungjawab kita bersama,” ucap Sri Paduka.

Dalam audiensi Kadivpas didampingi sejumlah pejabat Kanwil Kemenkumham dan Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakakarta. Diantaranya Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi M. Akhyar, Kepala Bapas Yogyakarta Cahyo Dewanto, Kasi Bimbingan Klien Dewasa Dwi Setyo Wahyudi, Pembimbing Kemasyarakatan Madya Agus Prakoso dan Dhandy Dharmawan, serta Kasubbag Tata Usaha Bapas Yogyakarta M. Asriningsih.

Di sisi lain, Kadivpas menjelaskan kegiatan audiensi diselenggarakan tidak hanya dengan Wagub atau Pemda DIY. Pada saat yang bersamaan Selasa (07/03/2023), Kepala Seksi Bimbingan Klien Anak Liana Dwi P.S. juga melaksanakan audiensi dengan Sekretaris Daerah Kotamadya Yogyakarta, sedangkan Kepala Subseksi Bimbingan Kemandirian Klien Dewasa Eko Prasetyo juga melaksanakan audiensi awal dengan Sekretaris Daerah Kulon Progo. Sebelumnya, audiensi juga telah diadakan dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman. (pr/hen)

Redaktur: Hennyra

 

59 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com