Beri Sumbangsih dalam Peningkatan Kompetensi Wartawan, PT Semen Gresik Dukung PWI Gelar UKW Istimewa Se Joglosemar

Wagub DIY, Sri Paduka KGPAA Paku Alam X memukul gong untuk membuka UKW Tahun 2023 PWI bersama PT Semen Gresik di BBPPMPV Seni dan Budaya Kaliurang, Kamis (16/03/2023). Foto: Jafarudin
Wagub DIY, Sri Paduka KGPAA Paku Alam X memukul gong untuk membuka UKW Tahun 2023 PWI bersama PT Semen Gresik di BBPPMPV Seni dan Budaya Kaliurang, Kamis (16/03/2023). Foto: Jafarudin

SLEMAN – Bekerjasama dengan PT Semen Gresik, Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Tengah (PWI Jateng), PWI Solo dan PWI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengelar Uji Kompetensi Wartawan  (UKW). Kegiatan berlangsung selama 3 hari sejak  Rabu (15/03/2023) hingga Jumat (17/03/2023) di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya, Kaliurang, Sleman, DIY. UKW Tahun 2023 PWI bersama PT Semen Gresik ini diikuti sedikitnya 54 wartawan dari wilayah Jogjakarta, Solo dan Semarang (Joglosemar).

Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Mahmud MS menuturkan UKW yang diselenggarakan bersama oleh tiga Pengurus Wilayah PWI sekaligus, merupakan pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia. Oleh karenanya Amir menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada PT Semen Gresik yang telah memberikan dukungan.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi dan bantuannya, terutama PT Semengresik pabrik Rembang yang secara konsisten, terus menerus ini memberikan dukungan kepada kami,” tuturnya saat memberikan sambutan dalam pembukaan UKW di aula BBPPMPV, Kamis (16/03/2023).

Amir mengungkapkan, UKW merupakan kegiatan mahkota PWI Jateng. Menurutnya, wartawan yang kompeten tak hanya mewakili diri sendiri dan medianya, tapi lebih jauh mewakili kehormatan dan martabat organisasi profesi. PWI, kata Amir, senantiasa membentuk wartawan yang professional, berkompeten dan beretika, diantaranya melalui UKW.

“Kalau selama ini hanya kepada PWI Provinsi Jawa tengah, sekarang makin berkembang. Wartawan-wartawan dari Solo dan DIY ini juga bisa menikmati kesempatan yang sama. Ini adalah sumbangsih luar biasa (PT Semen Gresik) bagi kesumberdayaan wartawan kita,” ungkap Amir.

Ketua umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari yang hadir memberikan sambutan juga memberikan apresiasi tinggi kepada PT Semen Gresik yang telah bekerjasama dengan PWI dalam penyelanggaraan UKW.

“Saya dengar sudah 4 tahun kerjasama ini dan sudah 6 kali mengadakan UKW. Ini sebuah back up yang luar biasa. Kita ucapkan terimakasih kepada PT Semen Gresik,” ucapnya.

Di sisi lain, Atal juga menilai UKW kali ini istimewa karena pertama kalinya diadakan oleh PWI Wilayah Joglosemar. Tak hanya itu, tim pengujinya adalah wartawan-wartawan senior hebat dan dengan peserta yang melalui seleksi ketat.

“Ini adalah event yang hebat mempersatukan  tiga daerah sekaligus. Memang tepat sekali, pengujinya sekarang yang datang ini, yang punya kelas. Jadi ini saya anggap ujian yang paling hebat. Dan ujian kali ini, pesertanya betul-betul selektif,” ujarnya.

Atal berharap UKW kali ini akan menghasilkan wartawan yang berkompeten. Mengutip ucaapan Rosihan Anwar, ia mengatakan wartawan berkompeten adalah yang berwawasan keilmuan, professional, dan beretika.

“Jurnalisme akan mati kalau bukan dipercayakan pada masyarakat pers yang professional,” imbuhnya.

Sementara itu Direktur Keuangan dan SDM PT Semen Gresik, Muchamad Supriyadi, dalam sambutannya menyampaikan pesan  direktur utama (Dirut) PT Semen Gresik, Subhan yang berhalangan hadir karena tengah di Jakarta untuk menerima penghargaan Best CEO dari BUMN.

Supriyadi mengatakan, support PT Semen Gresik  yang diberikan terhadap event-event yang dilaksanakan PWI bukan semata-mata karena agar wartawan ketika menulis berita terkait PT Semen Gresik yang baik-baik saja. Menurutnya, PT Semen Gresik menghormati independensi wartawan.

Supriyadi menegaskan, dukungan terhadap event PWI karena PT Semen Gresik selaku pelaku usaha memiliki kesadaran untuk mendukung PWI untuk membentuk wartawan-wartawan yang kredibel, bertanggungjawab, dan professional.

Dengan wartawan yang berkompeten, kata dia, maka berita yang dituangkan dalam media massa akan mengedukasi masyarakat, tidak terkecuali bagi pelaku dunia usaha.

“Kami di pelaku usaha dalam hal ini PT Semen Gresik anggota dari PT semen Indonesia persero TBK, sangat mensuport dan berterimakasih,  atas izin dari PWI bisa ikut serta mendukung kegiatan ini dalam rangka mencintai Indonesia, dalam rangka mencintai rakyat Indonesia, dalam rangka memberikan edukasi bagi warga negara Indonesia agar mereka mendapatkan penbcerahan yang baik, informasi-informasi yang bertanggungjawab serta informasi yang valid shahih,” tutupnya.

Acara UKW Tahun 2023 PWI bersama PT Semen Gresik dibuka oleh Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka KGPAA Paku Alam X dengan pemukulan Gong.

Sri Paduka membacakan sambutan tertulis dari Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya UKW PWI bersama PT Semen Gresik.

Menurut Sri Paduka, UKW merupakan moment penting bagi para wartawan untuk menunjukkan keahlian dan kemampuan dalam dunia jurnalistik yang semakin kompleks dan berubah-ubah di tengah globalisasi. Sri Paduka berharap wartawan selalu berusaha memberikan informasi yang akurat, terpercaya dan berimbang kepada masyarakat.

“Ini bukanlah tugas mudah, terutama diera digital, yang mempercepat penyebaran informasi yang tidak terverifikasi dan kadang-kadang justru menyesatkan,” tuturnya.

UKW juga dinilai sangat penting untuk memastikan bahwa para wartawn memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup untuk melaksanakan tugas dengan baik.

“Kami sampaikan apresiasi yang tinggi kepada PWI Yogyakarta, PWI Jawa Tengah dan PWI Surakarta, PWI Pusat, serta PT Semen Gresik pabrik Rembang selaku sponsor yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kualitas dan kredibilitas jurnalis di Indonesia, sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” pungkas Sri Paduka KGPAA Paku Alam X. (rd1)

Redaktur: Jafarudin

 

 

 

 

62 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com