Sambut Tahun Ajaran Baru, Forum PAUD Kalasan Beri Pendampingan KOSP

Acara Sosialisasi dan pendampingan KOSP di Kapanewon Kalasan yang diselenggarakan Forum PAUD Kalasan. Foto: Fefin
Acara Sosialisasi dan pendampingan KOSP di Kapanewon Kalasan yang diselenggarakan Forum PAUD Kalasan. Foto: Fefin

SLEMAN – Menyambut tahun ajaran baru 2023/2024, Forum Pengembangan Anak Usia Dini (Forum PAUD) Kapanewon (Kecamatan) Kalasan memberikan pendampingan pembuatan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) untuk Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Kapanewon Kalasan.

Acara sosialisasi dan pendampingan Pembuatan KOSP tersebut diselenggarakan  di Aula Kantor Kapanewon Kalasan, Senin (29/05/2023).

Ketua Forum PAUD Kapanewon Kalasan, Amilatul Fadhilah mengatakan, acara sosialisasi dan pendampingan KOSP diikuti  38 peserta perwakilan lembaga Paud Non Formal se Kapanewon Kalasan.

“Tujuan diselenggarakannya sosialisasi dan pendampingan KOSP adalah untuk mendampingi lembaga PAUD Non Formal agar bisa Menyusun KOSP dengan baik, sehingga bisa diimplementasikan di Tahun ajaran baru 2023/2024 mendatang,” ungkapnya dijumpai, Selasa (30/05/2023).

Amilatul Fadhilah menjelaskan, dari Kapanewon kalasan sudah ada 7 perwakilan lembaga PAUD yangtelah mengikuti Bimbingan Teknis penyusunan KOSP yangdiselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman.

“Dari 7 yang sudah ikut bimtek, nantinya bisa sharing ke lembaga PAUD Non Formal lainnya, sehingga semuanya bisa membuat KOSP yang baik sesuai harapan,” imbuhnya.

Rangkaian pendampingan nantinya akan dilanjutkan dengan pertemuan pendampingan pertama yang akan dilangsungkan secara daring, direncanakan pada tanggal 5 juni 2023.

Ditargetkan pada 26 Juni (2023) semua lembaga PAUD Non Formal di Kapanewon Kalasan sudah menyelesaiakan KOSP yang nantinya akan diperiksa langsung oleh Penilik Paud Non Formal dari Dinas Pendidikan, Jainudin Walid.

“Endingnya adalah penandatanganan dan surat rekomendasi dr penilik, Bapak Jainudin Walid, insya Allah semua di tangal 26 juni sudah dikumpulkan.

Baca Juga: Urgensi PAUD Menyambut Bonus Demografi: Mengenalkan Prestasi Tanpa Sensasi Sejak Dini

Acara Sosialisasi dan Pendampingan KOSP menghadirkan pembicara Pengurus Forum PAUD Kapanewon Kalasan, Nani Sukaryani, S.Pd

Dalam pemaparannya, Nani mengungkapkan, KOSP menjadi bagian yang penting karena akan dijadikan acuan dalam menjalankan proses pembelajaran di sekolah.

“Pelaksanaanya akan serentak ditahun pelajaran 2023/2024,” ujarnya.

Oleh karenanya Nani meminta Agar semua lembaga PAUD Non Formal di Kapanewon Kalasan segera membuat KOSP. Nantinya 7 orang yang sudah mengikuti Bimtek di dinas pendidikan Kabupaten Sleman akan melakukan pendampingan langsung.

“Pembimbingan di buat kelompok-kelompok agar efektif, sehingga target sampai tagal 26 Juni bisa tercapai,” ungkapnya dalam acara yang dihadiri jajaran Panewu Kalasan tersebut.

Baca Juga: Peringati Hardiknas, Paud dan SD Gunungkidul Gelar Karya Seni dan Budaya

Nani menjelaskan, langkah-langkah Penyusunan KOSP yaitu Melaksanakan analisis karakteristik satuan pendidikan. Kemudian Merumuskan visi, misi, dan tujuan.

“Selanjutnya Menentukan pengorganisasian pembelajaran,” terangnya

Nani berharap, semua lembaga PAUD Non Formal di Kapanewon Kalasan dapat mengikuti langkah langkah penyusunan KOSP secara baik, dengan bahasa yang mudah difahami semua yang berkepentingan.

“Harapannya KOSP yang dibuat nantinya dapat di implementasikan pada tahun pelajaran 2023/2024,” Pungkas Nani . (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi S

58 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com