Lulusan Masuk SD Favorit, PAUD Jasmine Al Muflihuun Semakin Diminati Masyarakat Kalasan

Ketua Yayasan Pendidikan Jasmine Al Muflihuun, Rani Eryani saat memberikan selamat kepada siswa yang diwisuda Minggu (11/06/2023) di Hotel Syahid Raya Yogyakarta. Foto: Fafa
Ketua Yayasan Pendidikan Jasmine Al Muflihuun, Rani Eryani saat memberikan selamat kepada siswa yang diwisuda Minggu (11/06/2023) di Hotel Syahid Raya Yogyakarta. Foto: Fafa

SLEMAN – Animo masyarakat wilayah Kapanewon (Kecamatan) Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk menyekolahkan putra putrinya di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD Jasmine Al Muflihuun semakin tinggi.

Pada tahun ajaran baru 2023/2024 ini, tercatat sudah 100 calon siswa yang mendaftar untuk bersekolah di PAUD yang beralamatkan di Jl. Solo Km.10 Juwangen, Purwomartani, Kalasan, Sleman, ini.

Hal itu tak lepas dari kesuksesan PAUD Jasmine Al Muflihuun dalam mengantarkan lulusannya ke sejumlah Sekolah Dasar atau SD Faforit di Wilayah Kabupaten Sleman.

“Alhamdulillah PAUD Jasmine Al Muflihuun tahun ini melepas 23 siswa yang akan memasuki jenjang pendidikan SD. Alhamdulillah juga sudah terkonfirmasi lulusan PAUD Jasmine Al Muflihuun diterima di sejumlah SD favorit di wilayah Kabupaten Sleman,”  kata Ketua Yayasan Pendidikan Jasmine Al Muflihuun, Rani Eryani dalam acara  Pentas Ceria, Perpisahan dan Wisuda Tutup Tahun Ajaran 2022/2023, pada Minggu (11/06/2023).

” Beberapa SD Favorit yang menerima lulusan PAUD Jasmine Al Muflihuun diantaranya, di SD Global Islamic School (GIS) 3 Jogja, SD Al Azhar Jogja, SD Muhammadiyah Kadisoka, SD Budi Mulia dan SD Idea Baru Yogyakarta. Sebagian lainnya juga diterima di berbagai SD negeri terkemuka di Kalasan,” ungkap Rani dalam acara yang digelar di convention center, Lantai 2, Hotel Sahid Raya Yogyakarta, Jl. Babarsari No 2 Tambak Bayan, Depok, Sleman, DIY ini .

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB tersebut diikuti seluruh siswa didampingi orang tua. Acara juga dihadiri tamu undangan, diantaranya Panewu Anom (Wakil Camat Kalasan), Djoko Mulyanto. Kemudian, Penilik PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Jainudin Walid dan sejumlah Pejabat Pemerintah Kalurahan Purwomartani dan Padukuhan Juwangen beserta tokoh masyarakat.

Rani menuturkan, saat ini PAUD Jasmine Al Muflihuun ini memiliki 102 siswa dan telah meluluskan 23 siswa. menurutnya, untuk tahun depan (2024), siswa yang akan diluluskan lebih banyak. Sebab, kata dia, untuk tahun ini, untuk kelas B hanya 1 kelas, sementara tahun depan ada 3 kelas .

Ia menjelaskan, PAUD Jasmine Al Muflihuun yang memiliki tag line : “Cerdas Kreatif, Disiplin, Mandiri dan Berakhlakul Karimah” berkomitmen mendidik anak usia dini dengan nilai -nilai kegamaan di samping pengetahuan umum.

“Jadi tidak hanya dari sisi initelektual yang dibangun, tapi juga terutama karakter dengan akhlakul Karimahnya,” imbuhnya.

Selain itu, peserta didik juga difasilitasi sesuai dengan minat dan bakatnya dengan ekstra kurikuler. PAUD Jasmine Al Muflihuun akan meningkatkan mutu Pendidikan di tahun ajaran 2023/2024 ini dengan memberikan fasilitas tambahan guna menyalurka minat dan bakat siswanya.

“Tahun ini akan ada tambahan ekstra kutrikuler, ada musik, lukis atau mewarnai, Bahasa Inggris, in syaa Allah juga ada drumb band. Itu untuk melengkapi kegiatan-kegiatan yang sudah kita lakukan, ada les angklung, menari, market day, ada kegiatan keagamaan, field trip, out bond dan kunjungan ke lingkungan sekitar,” terang Rani.

Menurutnya, animo masyarakat yang mendaftarkan putra putrinya ke PAUD Jasmine Al Muflihuun tak hanya dari wilayah Kapanewon Kalasan saja, namun dari kapanewon di sekitar di wilayah Kabupaten Sleman.

Terkait hal itu, Jasmine Al Muflihuun berencana akan menambah kelas dan fasilitas pendukungnya.

“Karena ini yang sudah mendaftar sudah 100 an anak dan masa pendaftaran masih Panjang, sehingga kemungkinan akan bertambah. Tahun ini kami menerima maksimal 115 siswa. Rencananya akan menambah satu kelas, mudah-mudahan terlaksana” imbuhnya.

Rani berharap, setelah memasuki jenjang pendidikan SD, anak-anak yang pernah menimba ilmu di PAUD Jasmine Al Muflihuun tetap melaksanakan nilai-nilai agama yang sudah ditanamkan.

“Harapaya pendidikan dasar keagamaan yang sudah diajarkan Jasmine Al Muflihuun akan dipertahankan anak-anak dan ditingkatkan ketika masuk SD, sehingga kelak menjadi anak yang shalih dan shalihah membanggakan orang tua, bermanfaat bagi masyrakat, bangsa dan negara serta agama,” tuturnya seusai acara.

Perwakilan wali siswa, Aziz Hendra Atmaja (33) mengungkapkan, ia memilih PAUD Jasmine Al Muflihuun sebagai tempat belajar putrinya karena di PAUD Jasmine Al Muflihuun memiliki berbagai keunggulan.

Selain mendidik siswanya dalam mengenalkan ilmu pengetahuan atau membentuk intelektual, namun juga membentuk karakter dengan nilai-nilai Agama Islam.

“Saya menilai PAUD Jasmine Al Muflihuun memiliki sarana dan prasarana yang lengkap, fasilitas yang bagus untuk menunjang pembelajaran siswa, pengajar yang berkompeten, sehingga anak tidak hanya diajarkan ilmu pengetahuan umum tapi juga ilmu agama. Apalagi untuk belajar di-support metode Ummi, sehingga mengajinya lebih baik,” imbuh warga Kadirojo 1, Purwomartani, Kalasan, Sleman ini.

Untuk Diketahui, metode Ummi adalah membaca Al-Qur’an yang langsung memasukkan dan mempraktekan bacaan tartil sesuai kaidah ilmu tajwid dengan menggunakan pendekatan bahasa ibu yang menekankan kasih sayang dengan metode klasikal baca simak dan system penjamin mutu seperti Tashih, Tahsin, Sertifikasi dan lain-lain.

Menurut Aziz, selama 3 tahun belajar di PAUD Jasmine Al Muflihuun, putrinya yang bernama Khairina Azzahra Putri (7) mengalami banyak perkembangan dalam banyak hal. Tak hanya dari sisi pengetahuan, namun juga soft skill; keterampilan, seni, olah raga dan terutama keagamaan.

“Jadi anak-anak tidak hanya pintar dalam akademik, tapi motoriknya juga sangat baik. Harapannya ke depan PAUD Jasmine Al Muflihuun akan lebih meningkatkan kualitas, terutapa karena saya lihat banyak peminatnya perlu menambah kelas, sehingga bisa menjadi sekolah favorit tidak hanya di Kalasan, tapi juga di Kabupaten Sleman,” imbuh Aziz.

Sementara itu, Khairina Azzahra Putri mengaku senang bersekolah di PAUD Jasmine Al Muflihuun.

“Sekolah di Jasmine temen banyak, baik-baik. Guru-gurunya juga baik baik, belajar banyak. Pelajaran yang disukai menyanyi, menggambar, mewarnai, terus bermain sambil belajar,” kata Khairina yang sudah diterima di SD Muhammadiyah Kadisoka ini.

Hal senada diungkapkan Ketua Forum Silaturahmi Jasmie Al Muflihuun ( Forsmine), Indah Widyaning Ayu.

“Di PAUD Jasmie Al Muflihuun setiap tahunnya selalu ada perkembangan yang sangat baik untuk kegiatan di sekolah, managemennya juga semakin baik. Mudah-mudahan di tahun 2024 Jasmine Al Muflihuun menjadi sekolah terbaik untuk anak-anak didiknya. Kami Forsmine juga berharap bisa terus mendukung kegiatan sekolah, sehingga PAUD Jasmine Al Muflihuun menjadi PAUD favorit di Sleman,” harapnya.

Di sisi lain, acara Pentas Ceria diisi penampilan siswa dari Kelompok A maupun Kelompok B yang dinyatakan lulus tahun ini. Para siswa menunjukkan kebolehannya dalam menampilkan tarian, nyanyian, puisi hingga membaca surat pendek Al Qur’an. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi S

61 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com