Pentingnya Mahasiswa Membangun Relasi

Oleh: Auliza Azizul Hakim*

Semua orang pasti membutuhkan relasi, dari mulai mencari pekerjaan, mencari informasi, mencari pertolongan dan lain-lain. Orang tidak akan bicara tempat lahir di mana,  latar belakangnya apa, seperti apa dan tujuan hidupnya apa. Tetapi berbicara persiapan dalam menjalani hidup, perlu adanya kerja keras, cerdas dan relasi yang dibangun sejak dini. Membangun relasi sama halnya membangun citra diri.

Membangun relasi merupakan elemen penting yang tidak kunjung rapuh dalam perkembangan zaman. Siapapun orangnya, besar atau kecil, kaya atau cukup, dan lain sebagainya pasti membutuhkan relasi atau hubungan dengan orang lain. Apalagi bagi mahasiswa, sosok yang sedang membentuk jati diri dan profile ke depan.

Salah satu relasi yang kecil adalah saling mengenal antar sesama, mengenal orang lain di lingkungan Pendidikan, pekerjaan,  masyarakat bahkan di jalan dilalui. Relasi sungguh memberi manfaat yang  dapat diperoleh banyak orang jika diterapkan dengan baik.

Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dalam membangun relasi adalah: Pertama, mendapatkan peluang. Peluang merupakan momen yang dinantikan oleh setiap orang, peluang diciptakan bukan hanya lewat diri sendiri tetapi orang lain juga bisa. Terkadang masa sulit datang tanpa waktu, tanpa sebab dan tanpa kalimat pembuka. Manfaat membangun relasi di sini adalah agar nanti dalam keadaan sulit ada peluang  yang hadir dari orang lain, yaitu saling membantu saat keadaan sulit.

Kedua, sebagai sumber informasi. Jika mempunyai relasi, akan dapat menemukan segudang informasi dari orang lain sehingga tidak perlu repot mencari. Sebab, dengan relasi alhasil informasi yang baik akan datang tanpa kenal waktu dan tanpa.

Ketiga, sebagai guru. Ada ungkapan “pengalaman adalah guru yang paling berharga”. Ungkapan itu sering dikutip. Memang pengalaman sangat berharga . Tetapi apakah itu hanya  pengalaman diri sendiri seja. Tentu tidak. Pengalaman orang lain juga bisa menjadi referensi untuk terus belajar dan beraksi dalam suatu masalah atau keadaan yang tidak bisa ditebak kapan akan terjadi. Belajar dari pengalaman orang lain adalah manfaat relasi yang perlu dsadari.

“Kamu tidak perlu menjadi luar biasa untuk memulai, tapi kamu harus memulai untuk menjadi luar biasa.”  Begitu ungkapan  Zig Ziglar. Jauh sebelum peradaban dibentuk, manusia ditakdirkam hidup berdampingan dan saling membutuhkan satu sama lain. Tidak heran jika manusia saling bergantung dan membangun hubungan yang dekat dan bermanfaat atas keduanya.

Memasuksi abad modern, manusia dipaksa untuk menjadi kuat disbanding era-era sebelumnya. Sebab manusia hidup di dunia yang memiliki perkembangan yang sangat pesat. Berhenti 1 jam saja, manusia akan kehilangan momen yang berharga yang dapat di petik untuk menjadi pembelajaran dalam hidup.

*Dikutip dari berbagai sumber.

*Auliza Azizul Hakim adalah Ketua BEM Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal.

43 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com