Kokohkan Sebagai PAUD Favorit di Kalasan dengan Tunjukkan Prestasi Terbaik Siswa, Akhirussanah PAUD IT ADAR Berlangsung Meriah

PAUD IT ADAR yang terdiri dari RA Ar Rafif, Day Care dan KB Abdi Desa, Ngajeg, Tirtomartani, Kalasan Sleman menggelar Akhirussanah,  Sabtu (08/06/2024) di Aula Balai PMD/Pemdes Kemendagri, Kalasan. Foto: Fefin.
PAUD IT ADAR yang terdiri dari RA Ar Rafif, Day Care dan KB Abdi Desa, Ngajeg, Tirtomartani, Kalasan Sleman menggelar Akhirussanah,  Sabtu (08/06/2024) di Aula Balai PMD/Pemdes Kemendagri, Kalasan. Foto: Fefin.

PAUD IT Adar di bawah naungan Yayasan Erhaka semakin mengokohkan diri sebagai Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini berkualitas dan menjadi salah satu yang terfavorit di Kalasan, Sleman. Hal itu ditunjukkan dengan berbagai prestasi yang berhasil diraih siswa peserta didiknya.

SLEMAN – PAUD IT ADAR yang terdiri dari RA Ar Rafif, Day Care dan KB Abdi Desa, Ngajeg, Tirtomartani, Kalasan Sleman menggelar Akhirussanah,  Sabtu (08/06/2024).

Acara yang berlangsung digelar di Aula Balai PMD/Pemdes Kemendagri, Jl. LPMP Raya, Kalurahan Tirtomartani, Kalasan, Sleman, dimulai Pukul 08.00 Wib hingga selesai.

Pada akhir Tahun Ajaran 2023/ 2024 ini, PAUD IT ADAR meluluskan 47 siswa, terdiri lulusan KB Abdi Desa sebanyak 27 siswa dan RA Ar Rafif sebanyak 20 Siswa.

Acara dihadiri dihadiri Pembina Yayasan Erhaka, Ir. H. Haryono Kusomo, M.M. dan Prof. Dr. Hj. Erni Munastiwi, MM, beserta Ketua Yayasan, Annisa Dian Arini, S.H., M.H beserta jajaran.

Hadir pula Penilik PAUD Non Formal Kapanewon Kalasan, Sri Sukarni, S.Pd.AUD, Kasi Dikmad Kementerian Agama Kabupaten Sleman Drs.H.Tulus Dumadi,MA beserta staf, Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kab.Sleman, Mastiti Subur,S.Pd.I,M.Si.

Dari tokoh masyarakat yang hadir antara lain Tokoh PAUD Sleman, Jainudin Walid, S.Pd (Mantan Penilik PAUD), Eko Suhendro, M.Pd(Direktur PAUD ADAR 2023), Ahmad Mushlih, M.Pd (Direktur PAUD ADAR 2021) dan Bapak serta Ibu Dukuh Ngajeg Tirtomartani Tirtomartani Kalasan Sleman.

Kepala KB Abdi Desa, Safitri Fajarwati, S.Pd mengatakan, Akhirussanah merupakan agenda tahunan, sekaligus menjadi bukti kerja nyata para pendidik PAUD IT ADAR.

Menurutnya, Siswa di PAUD IT ADAR sudah dibekali dengan kemampuan dari sisi akademik dan terutama karakter yang berbasis agama islam sesuai usianya, sehingga sudah siap untuk melanjutkan jenjang Pendidikan selanjutnya.

“Alhamdulillah tahun ini, PAUD IT ADAR kembali melaksanakan Akhirussanah, yang mana diikuti 20 siswa RA Ar Rafif dan 27 siswa KB Abdi Desa. Siswa yang mengikuti akhirusannah sudah siap untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya baik dari KB ke TK/RA atau dari RA ke SD/MI,” ungkapnya didampingi A. Ziyad Zubaidi, S.Pd. Tim IT PAUD IT ADAR.

Kepala Sekolah RA Ar Rafif, Kepala RA Arrafif, Retno Kurniawati, S.Pd.i. menambahkan, 20 Siswa RA Ar Rafif yang sudah melaksanakan Akhirussanah nantinya akan melanjutkan ke jenjang SD/MI.

“Para lulusan RA Ar Rafif nantinya akan dibantu Tim Operator PAUD IT ADAR untuk proses PPDB (Penerimaan Peserta Didik baru) online ke sekolah yang diinginkan,” tuturnya.

Untuk PPDB Tahun ini Antusiasme masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di PAUD IT ADAR sangat tinggi.

“Kami masih menerima pendaftaran sesuai kuota yang dibutuhkan yaitu maksimal 100 siswa,” imbuh Safitri.

Sementara itu Pembina Yayasan Erhaka, Prof. Dr. Hj. Erni Munastiwi, MM didampingi Ir. H. Haryono Kusomo, M.M. mengungkapkan rasa syukur, bangga dan bahagia atas terselenggaranya Akhirussanah PAUD IT ADAR.

“Saya bangga, sangat senang karena banyak kemajuan atau capaian-capaian dibandingkan tahun sebelumnya, yang sangat saya apresiasi, seperti juara 1 Lomba Drum Band Tingkat DIY dan juga Juara Lomba Angklung Tingkat DIY, seperti yang tadi juga ditampilkan, sangat bagus sekali,” tuturnya.

Sebagai pengelola, Prof Erni berharap agar PAUD IT ADAR semakin maju dan berkualitas baik dari sisi guru maupun siswanya.

Ia menekankan agar kualitas pendidikan baik dari sisi kognitifnitif maupun psikomotorik anak harus lebih ditingkatkan.

“PAUD ITU investasi masa depan, makanya anak-anak ini perlu diberikan akar yang kuat, kemudian sayap yang lebar, agar mereka bisa terbang setinggi-tingginya. Pendidik juga terus belajar untuk meningkatkan kualitas dan menyesuiakan perkembangan. Kami sebagai pengelola mendapingi para guru untuk belajar secara mandiri, dengan kegiatan yang diadakan Lembaga atau di kirim ke tempat lain,” ujarnya.

Selain itu, dari sisi manajemen PAUD IT ADAR terus melakukan perbaikan-perbaikan untuk mengikuti perkembangan zaman dalam memberikan layanan terbaik untuk masyarakat atau peserta didik.

“Untuk kurikulum juga selalu kami up date terus, menyesuiaikan perkembangan saat ini, termasuk kurikulum merdeka yang juga dikembangkan di Lembaga Kami secara bertahap. Namun karena di Lembaga kami ada 2 lembaga yaitu RA Arafif di bawah naungan Kementrian Agama sehingga kami juga mengikuti arahan dari Kementrian Agama. Kemudian KB dan Daycare Abdi Desa di bawah Kementrian Pendidikan sehingga dalam hal ini juga mengikuti arahan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman,” imbuhnya.

Di sisi lain, Prof. Erni berpesan kepada orang tua agar terus mendampngi putra-putrinya, karena karakter Anak PAUD hingga SD kelas rendah harus kuat.

“Jadi memang untuk anak usia dini, pendidikan karakter ini menjadi hal yang pokok dan utama,” pungkasnya.

Menjadi Salah Satu PAUD Favorit di Kalasan  

Salah satu orang tua atau wali murid, Bachtiar Yuliyardi mengatakan ia memilih PAUD IT ADAR untuk mendidik putranya, Pratama Atindriya Muwafiq (4) di KB Abdi Desa, PAUD IT ADAR Karena telah mengetahui kualitasnya.

Warga Tamanmartani, Kalasan, Sleman ini sebelumnya berdomisili di Pakem, Sleman.

Atas rekomendasi dari beberapa saudara dan orang tua, putranya kemudian dimasukkan ke KB Abdi Desa pada Awal Januari 2024 lalu.

“KB Abdi Desa ini sudah mendapat kepercayaan dari Masyarakat, jadi kami dari Taman Martani menyekolahkan anak kami di KB Abdi Desa di Tirtomartani ini. Alhamdulillah, anak saya mendapatkan bimbingan yang luar biasa sekali dari Bunda-Bunda (Guru). Beliau-beliau sungguh sabar, juga dalam memberikan pelatihan dengan penuh kasih sayang seperti kepada anak sendiri,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Endra Nur Nindita ibunda dari Nur Ainun (5) siswa RA kelas B. Ia mengatakan, RA Ar Rafif menjadi pilahan untuk mendidik Putra-Putrinya.

Sebalumnya, putranya Muhammad Arsyad yang kini sudah di bangku kelas 3 SD Juga Alumni PAUD IT ADAR.

“Pelayanan pendidiknya sangat bagus sekali, karena saya sudah 2 anak saya sudah di sana, yang pertama sekarang sudah berusia 9 tahun, Ainun ini yang kedua, jadi dulu kakaknya termasuk mungkin pada awal-awal merintis dan sekarang sudah sangat banyak kemajuan, bahkan menjadi sekolah Favorit,” ujarnya.

Ia mengaku dari hasil didikan PAUD IT ADAR putra-putrinya punya bekal ilmu agama, sehigga adab serta akhlaknya sudah terbentuk sejak dini dan menghasilkan karakter yang bagus.

“Untuk lulusan RA Arrafif juga banyak yang meneruskan ke sekolah swasta dan negeri Favori, pelayanan dari Bunda dan yandanya pun sangat maksimalkarena mereka sampai kut mendaftarkan online PPDB di sekolah yang diinginkan, benar-benar mendampingi sampai final diterima,” imbuh warga Tirtomartani.

Apresiasi Tinggi Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama

Penilik PAUD Non Formal Kapanewon Kalasan, Sri Sukarni, S.Pd.AUD saat menyampaikan sambutan pada Akhirussanah menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PAUD IT ADAR yang telah mampu mendidik siswanya sehingga bisa berprestasi.

“Jadi Bapak ibu tidak salah menyekolahkan putra-putrinya di PAUD IT ADAR ini, karena memang punya prestasi yang luar biasa,” tuturnya.

Sama halnya dengan Kasi Dikmad Kementerian Agama Kabupaten Sleman Drs.H.Tulus Dumadi,MA yang menyampaikan selamat serta apresiasi kepada PAUD IT ADAR yang sudah memberikan layanan terbaik untuk peserta atau siswa didiknya.

“Kami berharap ke depan PAUD IT ADAR semakin maju dan semakin berkualitas,” harapnya.

Acara Akhirussanah dimeriahkan dengan pentas seni yang dibawakan anak-anak siswa KB Abdi Desa dan RA Ar Rafif dari Fashion show, gerak tari dan lagu, kolaborasi guru dan siswa dengan membawakan lagu dan puisi musical, hingga pementasan angklung yang telah membuahkan prestasi juara 1 tingkat DIY belum lama ini.

Selain itu juga diberikan tali asih kepada 3 Tokoh PAUD yang sudah purna tugas sebagai bentuk penghargaan atas dedikasinya selama ini, masing-masing kepada Jainudin Walid, S.Pd (Mantan Penilik PAUD), Eko Suhendro, M.Pd(Direktur PAUD ADAR 2023), Ahmad Mushlih, M.Pd (Direktur PAUD ADAR 2021). (Fefin).***

60 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com